Resep Kerupuk Ikan, untuk Makan Kerupuk Bersama Keluarga di Rumah

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Makanan Indonesia memang paling nikmat saat disantap bersama kerupuk. Tak cuma memberi rasa, kerupuk juga punya tekstur yang khas.

Read More

Kerupuk juga identik sebagai camilan yang sering dilombakan dalam lomba 17 Agutus, yaitu lomba makan kerupuk yang paling cepat.

Bagi kamu yang ingin membuat kerupuk ikan di rumah, caranya tidak sulit. Kamu juga bisa mangatur rasa gurih dan komposisi ikan yang digunakan.

Keuntungan lain membuat kerupuk di rumah adalah bahan dan proses yang lebih higienis. 

Berikut resep kerupuk ikan dari Asian Inspiration:

  • 400 gram daging ikan yang sudah dihaluskan (jenis ikan bebas)
  • 400 gram tepung tapioka
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam atau jamur secukupnya (opsional)
  • 1/4 sendok makan merica
  • Minyak untuk goreng kerupuk

Cara membuat kerupuk ikan:

1. Campurkan semua bahan jadi satu. Kamu bisa mencicipi rasa kerupuk dengan menaruh adonan sedikit di wajan, koreksi rasa jika belum mantap.

2. Olesi tangan dengan minyak goreng, bagi adonan jadi empat porsi.

3. Setiap porsi adonan, bentuk menjadi silinder dengan diameter 5-7 cm.

4. Kukus adonan selama 45 menit dengan api kompor sedang. Adonan kerupuk yang sudah matang akan kencang dan terlihat sedikit transparan.

5. Jika sudah angin-anginkan adonan dan simpan di kulkas agar adonan bisa dipotong tipis-tipis seperti bentuk kerupuk sebelum digoreng.

6. Iris adonan dengan ketebalan sekitar 2-3 mm, taruh di nampan ceper.

7. Sekarang masuk ke tahap pengeringan agar kerupuk ketika digoreng mengembang. Kamu bisa memanggang kerupuk di oven, dengan suhu 100 derajat Celcius selama 1,5 jam. Balik setiap sisi selama 20 menit.

Kalau tak punya oven, gunakan cara tradisional yakni menjemur kerupuk di sinar matahari yang terik selama 1 hari penuh. Namun cara ini sangat tergantung dengan cuaca.

8. Jika kerupuk sudah keluar dari oven dan suhu sudah normal, masak kerupuk dengan minyak panas di wajan sampai kerupuk mengembang dan garing.

9. Jangan lupa kurangi kadar minyak di kerupuk, bisa dengan saringan, tisu, atau kertas. Angin-anginkan kerupuk sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.


#Resep #Kerupuk #Ikan #untuk #Makan #Kerupuk #Bersama #Keluarga #Rumah

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts