Peringati 17 Agustus, KAI Ajak Penumpang Bentangkan Bendera Merah Putih Dalam Rangkaian Kereta

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta membetangkan bendera merah putih di dalam rangkaian kereta.

Read More

Bendera merah putih sepanjang 17 meter itu dibentangkan di dalam rangkaian kereta, di antara kursi penumpang sisi kanan dan kiri. Kegiatan ini dilakukan sebelum kereta diberangkatkan.

“Dengan dilaksanakannya pembentangan bendera Merah Putih tepat di HUT Kemerdekaan RI ke-75 ini, kami berharap semangat Kemerdekaan itu terus ada dan terus bergelora di dalam jiwa masyarakat, secara khusus pelanggan KA,” jelas Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Eko Purwanto melalui siaran pers, Senin (17/8/2020).

Saat bendera dibentangkan, petugas mengajak seluruh penumpang KA untuk berdiri dan bersama-sama mendengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Terdapat dua petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang memimpin pengibaran bendera.

Sementara itu, di luar rangkaian kereta petugas juga membagi-bagikan ratusan bingkisan berupa stater pack yang berisi hand sanitizer dan masker ganti kepada penumpang.

Pembagian itu dilaksanakan di ruang tunggu Stasiun Pasarsenen, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, pada Agustus 2020 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 28 KA, yang 15 KA di antaranya merupakan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 13 KA lainnya sebagai rangkaian keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen.

Walaupun sudah beroperasi, perjalanan KA akan tetap menjalankan prosedur pencegahan Covid-19, salah satunya dengan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal.

Bukan hanya itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan KA, di antaranya dengan menunjukkan surat bebas Covid-19 dengan keterangan hasil tes PCR ataupun rapid test yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

Kemudian calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta menggunakan masker pribadi.

#Peringati #Agustus #KAI #Ajak #Penumpang #Bentangkan #Bendera #Merah #Putih #Dalam #Rangkaian #Kereta

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts