Akibat Covid-19, Pembangunan Smelter Freeport Berhenti Total selama 5 Bulan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan, pembangunan pabrik pengolah atau smelter di Gresik, Jawa Timur, sudah terhenti selama 5 bulan akibat pandemi Covid-19.

Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, mengatakan, sejak Maret lalu pembangunan smelter di Gresik sudah terhenti.

Menurutnya, hal tersebut diakibatkan oleh pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dan terdampaknya kontraktor pembangunan smelter PTFI.

 

Dengan terhentinya pembangunan, Tony melaporkan progres smelter tembaga itu sampai saat ini baru mencapai 5,8 persen.

“Lima bulan kita praktis berhenti karena Gresik juga berhenti. Kontraktor utama kta juga terkena dampak pandemi. Kita lima bulan ini enggak ada kegiatan,” ujar Tony dalam diskusi virtual, Senin (17/8/2020).

Karena hal tersebut, Tony memprediksi pengoperasian pabrik smelter yang rencana akan mulai pada 2023 mendatang otomatis akan mundur satu tahun.

PTFI pun sudah mengajukan permintaan penundaan pengoperasian kepada Pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM. Namun, Tony menyebut sampai saat ini masih belum ada jawaban resmi.

“Kita beberapa bulan lalu menyampaikan permohonan ini untuk ditunda dalam jangka waktu 12 bulan. Sudah ada pemahaman, tapi resminya belum dapat persetujuan,” ucap Tony.

#Akibat #Covid19 #Pembangunan #Smelter #Freeport #Berhenti #Total #selama #Bulan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts