Jerawat Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami jerawat. Biasanya, jerawat pada bayi muncul berupa benjolan kecil bewarna merah atau putih di area wajah.

Jerawat bayi juga dikenal dengan istilah jerawat neonatal. Kondisi ini dialami hampir sekitar 20 persen dari bayi yang baru lahir.

Belum diketahui pasti apa yang memicu jerawat pada bayi. Namun, para ahli menyakini hal ini disebabkan oleh hormon ibu selama masa kehamilan.

Gejala

Seperti jerawat yang terjadi pada orang dewasa, jerawat bayi juga muncul dalam bentuk benjolan kecil berwarna putih atau merah.

Umumnya, jerawat bayi paling sering terjadi di area pipi namun bisa juga menyebar di berbagai area tubuh seperti punggung atau leher.

Jerawat bayi juga bisa muncul saat bayi baru lahir. Tapi dalam banyak kasus, jerawat bayi berkembang saat dua hingga empat minggu setelah lahir.

Jerawta bayi juga terjadi selama beberapa hari atau minggu, meskipun dalam beberapa kasus dapat terjadi dalam hitungan bulan.

Cara mengatasi

Jerawat bayi bisanya bisa sembuh sendirinya tanpa pengobatan namun bisa juga terjadi dalam hitugan bulan sehingga memerlukan penanganan khusus.

Perawatan bisa berupa pemberian krim atau salep khusus, sabun pencuci wajah, atau lotion dengan formula lembut.

Selain itu, mengatasi jerawat bayi juga bisa melalui cara berikut:

#Jerawat #Bayi #Penyebab #dan #Cara #Mengatasinya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts