Tanoto Foundation Buka Beasiswa Teladan, Siapkan Pemimpin Masa Depan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Presiden Jokowi pernah berkata, masa depan ekonomi Indonesia ada di tangan anak muda. Anak muda menjadi kunci perkembangan bangsa di masa depan.

Read More

Meski begitu, menurutnya, anak muda di era kini memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah menghadapi persaingan global dan majunya teknologi.

Di tengah keterbatasan karena pandemi, persaingan justru menjadi semakin kuat bahkan tanpa batas.

Sebagai upaya “melahirkan” anak muda dengan jiwa kepemimpinan di tengah keterbatasan, Tanoto Foundation kembali membuka Program Teladan 2021.

Program beasiswa ini mencakup biaya kuliah 100 persen hingga semester 8 (delapan) serta tunjangan bulanan. Pendaftaran Program Teladan akan dibuka mulai 24 Agustus hingga 20 September 2020.

Pelatihan Teladan untuk lahirkan pemimpin masa depan

University Partnership and Cohort Management Lead Tanoto Foundation Wahono Kolopaking mengatakan, Program Teladan yang digagas sejak tahun 2006 ini tak hanya sekadar memberikan bantuan dana kuliah secara penuh.

Lebih dari itu, Wahono menegaskan bahwa tujuan utama dari program ini adalah menyiapkan generasi berjiwa kepemimpinan, melalui beragam pelatihan dan kegiatan.

“Melalui program Teladan, Tanoto Foundation mencoba untuk merancang bentuk program di mana peserta tidak hanya menikmati bantuan, namun juga menerima program pendampingan,” paparnya dalam Kompas Talks “Future Leaders: Be a Hero!” yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram @hariankompas, Rabu (19/8/2020).

Program pendampingan tersebut, lanjut dia, mencakup bidang pengembangan kepemimpinan, pengembangan kepribadian, pengembangan karier serta kontribusi sosial.

“Setiap semester akan mendapatkan pelatihan tatap muka, mentoring, dan program-program pengembangan karakter,” paparnya.

Harapannya, Tanoto Foundation bisa menyiapkan generasi pemimpin yang akan menularkan kecakapan dan talenta baru ke masyarakat di mana mereka tinggal dan bekerja.

Dalam kesempatan yang sama, Tanoto Scholar Angkatan 2020 Nabila Asyifa Bahri memaparkan pengalamannya menjadi peserta terpilih program beasiswa Teladan 2020.

Mahasiswa semester 3 jurusan Akuntansi Universitas Indonesia itu, menyarankan mahasiswa baru jenjang S1 Reguler yang berkuliah di kampus mitra Tanoto Foundation untuk segera mendaftar program ini.

“Saya mendapatkan banyak nilai-nilai baru. Tidak hanya seminar, namun juga melalui banyak kegiatan seperti team buiding dan diberikan buku jurnal. Sehingga tidak hanya dibekali teori, tapi juga rangkaian acara yang seru,” tutur Nabila.

Beasiswa Teladan 2021

Program Teladan 2021 dapat diikuti oleh mahasiswa jenjang S1 Reguler yang berkuliah di sembilan kampus mitra Tanoto Foundation.

Kampus mitra antara lain IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau.

Di tengah pandemi, Wahono menjelaskan, proses pendaftaran hingga seleksi beasiswa Teladan 2021 akan dilakukan secara daring.

Ia juga memberikan sejumlah tips penting bagi para mahasiswa baru agar bisa merasakan manfaat dari beasiswa ini.

Menurutnya, tips pertama ialah mahasiswa perlu memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Program Teladan 2021.

 

Tak kalah penting, Wahono mengatakan pelamar juga perlu memiliki alasan kuat mengikuti program ini, yaitu alasan “mengapa saya layak menerima beasiswa ini.”

Untuk mengetahui cakupan beasiswa, syarat peserta, persyaratan dokumen, dan informasi lengkap seputar Program Teladan 2021, bisa dilihat melalui laman https://www.tanotofoundation.org/en/future-leaders/leadership-development-indonesia/teladan/ 

#Tanoto #Foundation #Buka #Beasiswa #Teladan #Siapkan #Pemimpin #Masa #Depan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts