Dubes RI: Indonesia Terus Dukung Perjuangan Kemerdekaan Palestina

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto menegaskan, posisi Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina untuk menjadi negara merdeka.

Read More

Pada level multilateral, Indonesia selalu menyuarakan isu-isu seputar Palestina di forum Dewan Keamanan PBB. 

“Indonesia telah dan akan terus menegaskan dukungannya terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Indonesia akan selalu mengangkat isu dan kejadian di Palestina untuk menjadi perhatian dan pembahasan di DK PBB,” kata Andy dalam diskusi daring “Pergeseran Geopolitik Timteng Pasca-Perjanjian Israel-UAE dan Ledakan Lebanon”, Sabtu (22/8/2020).

Andy mencontohkan, Indonesia menggagas pertemuan khusus DK PBB dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Februari lalu.

Pada level bilateral, lanjut Andy, Indonesia telah melakukan berbagai dukungan kerja sama teknis dan bantuan kemanusiaan.

Dalam 10 tahun terakhir, Indonesia telah memberikan bantuan teknis senilai 10 juta dollar AS.

“Dalam kerangka kerja sama teknis, kita selama 10 tahun terakhir menyalurkan bantuan teknis kurang lebih 10 juta dollar yang kita berikan kepada lebih dari 2.000 warga Palestina dalam bentuk lebih dari 170 keahlian, misalnya di bidang pertanian, perikanan, pariwisata, bahkan kepolisian,” papar dia. 

Selain itu, dalam kurun 3,5 tahun terakhir, Indonesia berhasil mengumpulkan donasi bantuan kemanusiaan dari lembaga nonpemerintah sebanyak 6,2 juta dollar AS.

Sementara itu, bantuan dari pemerintah sendiri sebanyak 1,62 juta dollar AS.

“Total bantuan kemanusiaan yang sudah kita kumpulkan 7,8 juta dollar selama 3,5 tahun terakhir,” kata Andy.

Ia menyatakan, berbagai bantuan Indonesia untuk Palestina ini merupakan bentuk diplomasi kemanusiaan.

Andy pun mengatakan, situasi geopolitik di Timur Tengah harus menjadi perhatian tiap negara.

 

Sebab, dinamika geopolitik di kawasan tersebut selalu mewarnai percaturan politik global.

Andy menegaskan, Indonesia akan terus mengamati perkembangan di kawasan Timur Tengah, salah satunya dengan menghadirkan sekitar 20 perwakilan Indonesia di kawasan tersebut.

“Isu Palestina akan tetap menjadi jiwa dan ruh dari pelaksanaan politik luar negeri kita di kawasan Timur Tengah dan pastinya Indonesia akan tetap bersama Palestina,” ujar dia. 

#Dubes #Indonesia #Terus #Dukung #Perjuangan #Kemerdekaan #Palestina

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts