Kicauan Burung di Pagi Hari Ternyata Studi Baru Ungkap Alasan Ini

  • Whatsapp

KOMPAS.com– Saat matahari mulai terbit, hiruk pikuk kicauan burung-burung terdengar saling saut menyaut.

Read More

Siapa sangka, hal yang sangat lumrah kita dengar hampir setiap hari itu ternyata punya arti tersendiri bagi burung-burung tersebut.

Menurut sebuah penelitian baru, kicauan nyaring dari burung-burung itu rupanya merupakan bentuk pemanasan atau latihan vokal.

Dengan melakukan pemanasan lebih awal dan sering maka burung bakal memiliki performa kicauan yang lebih baik di siang hari.

 

“Sepertinya mereka melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum matahari terbit,” ungkap Stephen Nowicki, peneliti dari Duke Univeristy, seperti dikutip dari Futurity, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, peneliti telah mengajukan berbagai hipotesis mengapa kicauan burung terdengar paling keras di pagi hari.

Salah satu teorinya adalah itu merupakan waktu terbaik untuk berkicau karena tak banyak angin yang menganggu suara mereka. Sementara teori lain menyebut, kegiatan berkicau mereka lakukan sembari menunggu hari terang untuk berburu serangga.

Namun studi baru yang diterbitkan di jurnal Animal Behaviour menunjukkan hal lain mengenai kicauan burung di pagi hari ini yaitu pemanasan vokal.

Charles J Sharp Ilustrasi sepasang burung kolibri Ruby-topaz hummingbird (Chrysolampis mosquitus).

Menguji teori baru itu, peneliti pun melakukan studi pada 11 burung pipit rawa jantan antara pukul 2 pagi hingga siang.

Untuk memantau aktivitas kicauan burung, peneliti mengukur tingkat getar dan rentang vokal setiap burung sepanjang pagi.

Analisis statistik dari rekaman tersebut kemudian mengungkap bahwa burung-burung mulai berkicau dengan lambat atau dengan jangkauan yang lebih terbatas terlebih dahulu.

Selanjutnya usai fajar, burung mengambil tempo kicauan yang lebih tinggi setelah ratusan kali pemanasan vokal.

 

Peneliti menyebut pemanasan akan membantu sirkulasi darah dan suhu meningkat yang mendukung mereka saat berkicau.

“Semakin banyak burung melakukan pemanasan, mereka semakin baik bernyanyi lagu yang lebih sulit di pagi hari,” tambah Jason Dinh, peneliti lain yang terlibat dalam studi ini.

Selain itu, peneliti juga menemukan kicauan burung yang dinyanyikan dengan baik akan membuat betina tertarik, sehingga pejantan yang bernyanyi lebih awal dan sering memiliki keuntungan dalam menarik pasangan.

#Kicauan #Burung #Pagi #Hari #Ternyata #Studi #Baru #Ungkap #Alasan #Ini

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts