Apple dan Pemerintah AS Pernah Bikin iPod Misterius, untuk Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Baru-baru ini beredar kabar yang menyebut bahwa Apple dan pemerintah AS pernah bekerja sama untuk membuat sebuah perangkat iPod yang misterius.

Read More

Kabar itu muncul dari seorang insinyur yang pernah bekerja di Apple, David Shayer, yang menuliskan kisahnya di dunia maya.

David dulunya menjadi salah satu orang yang berperan dalam pengembangan perangkat iPod. Ia juga merupakan insinyur perangkat lunak yang dipekerjakan Apple untuk proyek pengembangan iPod pada tahun 2001.

Dalam sebuah tulisan di blog, David bercerita bahwa pada tahun 2005 ia diminta oleh atasannya untuk membantu dua insinyur dari Kementerian Energi AS yakni Paul dan Matthew.

Kedua insinyur dari Pemerintah AS itu bertugas untuk merancang sebuah perangkat iPod khusus.

Paul dan Matthew diketahui ingin menambahkan beberapa komponen ke dalam iPod tanpa mengubah bentuk iPod tersebut. 

Komponen itu, menurut David, berfungsi untuk merekam dan menulis data ke dalam media penyimpanan. Namun, data tersebut tidak boleh dengan mudah terdeteksi dan iPod yang digunakan harus berbentuk seperti iPod pada umumnya. 

“Mereka ingin menambahkan sejumlah komponen khusus ke iPod untuk merekam data dari perangkat tersebut. Mereka juga ingin cara ilegal itu tidak dapat dideteksi dengan mudah dan terlihat berfungsi seperti iPod biasa,” kata David.

Tugas David sendiri adalah membantu Paul dan Matthew untuk mempelajari komponen dan software yang berjalan di dalam perangkat iPod.

Meski demikian, David menegaskan bahwa kedua insinyur dari Pemerintah AS itu tidak memiliki akses langsung ke dalam server source code milik Apple. 

David hanya memberikan kode tersebut melalui sebuah DVD yang hanya boleh digunakan di dalam gedung Apple. 

Namun, kedua insinyur Pemerintah AS itu diperkenankan untuk membawa sistem operasi iPod yang telah mereka modifikasi berdasarkan bantuan David.

“Apple tidak memberi mereka perangkat keras atau perangkat lunak apa pun. Saya hanya memberi mereka spesifikasi untuk komputer Windows yang mereka butuhkan, bersama dengan kompiler ARM dan debugger JTAG,” tulis David.

“Mereka juga membeli iPod eceran untuk dimodifikasi, setidaknya beberapa lusin, mungkin lebih banyak lagi,” lanjut David.

Selama menjalankan proyek rahasia ini, David mengaku bahwa dirinya tidak pernah melihat sedikit pun bagaimana bentuk perangkat keras yang dikembangkan oleh Paul dan Matthew.

“Mereka sangat berhati-hati dan memastikan saya tidak pernah melihat perangkat keras yang mereka kembangkan,” ungkap David sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Selasa (25/8/2020).

David berspekulasi bahwa iPod rahasia itu bakal menjadi semacam alat Geiger untuk mengukur tingkat radiasi secara diam-diam.

Selain David, ada tiga orang lainnya yang mengetahui proyek pengembangan iPod misterius ini, orang yang menjabat sebagai SVP of Hardware Apple, VP of iPod Division, dan Director of iPod Software.

Kisah yang diceritakan David pun dikonfirmasi kebenarannya oleh Tony Fadell. Kala itu, ia menjabat sebagai Vice President Divisi iPod (VP of iPod Division).

Hingga saat ini, David pun belum mengetahui secara gamblang apa maksud dan tujuan Apple bekerja sama dengan pemerintah AS dalam membuat perangkat iPod misterius itu.


#Apple #dan #Pemerintah #Pernah #Bikin #iPod #Misterius #untuk #Apa

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts