Wisata Pantai Tiga Warna Malang, Snorkeling Lihat Indahnya Terumbu Karang

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Malang memiliki pilihan wisata pantai yang beragam dan menarik, salah satunya adalah Pantai Tiga Warna.

Read More

Selain tempat wisata, pantai yang dibuka pada pertengahan 2014 ini merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Sesuai namanya, Pantai Tiga Warna memiliki gradasi dari tiga warna, yaitu biru, hijau, dan coklat kemerahan.

Warna-warna tersebut berasal dari kedalaman permukaannya, biru pada sisi terdalam, hijau pada sisi terdangkal, dan coklat kemerahan pada pasir pantai.

Menariknya, meskipun berlokasi di pantai selatan–kondisi ombak Pantai Tiga Warna lebih tenang dan merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.

Selain itu, pantai yang tergolong kecil ini berhadapan langsung dengan Pulau Sempu yang menambahkan keindahan pemadangan di pantai ini.

Lantas, apa saja yang menarik dari Pantai Tiga Warna?

  • Main di pantai yang bersih

Pantai Tiga Warna yang merupakan bagian dari kawasan konservasi harus tetap terjaga kebersihannya 

Oleh karena itu, ada pemeriksaan ketat terkait barang bawaaan sebelum memasuki kawasan pantai.

Barang bawaan pengunjung yang berpotensi menjadi sampah akan didata dan diperiksa kembali saat kembali dari pantai.

Jika saat diperiksa kembali tidak sama dengan data, dan terbukti meninggalkan sampah di pantai, maka akan dikenakan denda.

Pengunjung juga lebih disarankan untuk membawa bekal, karena di area Pantai Tiga Warna tidak ada warung.

Pantai Tiga Warna menjadi satu-satunya spot snorkeling di pantai selatan, Malang. Sebab, kondisi air di sana tenang dan jernih, sehingga cocok untuk snorkeling.

Kondisi tersebut berbeda dengan dengan pantai selatan Malang lainnya yang memiliki ombak yang besar.

Selain itu, status Pantai Tiga Warna sebagai kawasan konservasi juga turut mendukung aktivitas snorkeling, karena memiliki berbagai macam terumbu karang.

KOMPAS.com/Lenny Septiani penampakan pantai tiga warna

 

Pengelola Pantai Tiga Warna membatasi waktu pengunjung. Adapun waktu bagi setiap rombongan adalah 2 jam, setelah itu bergantian dengan yang lainnya.

Untuk dapat mengunjungi Pantai Tiga Warna wajib melakukan reservasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjung yang dibatasi perharinya.

Pembatasan untuk menyesuaikan carrying capacity Pantai Tiga Warna dan membangun branding private beach.

Setelah dua jam puas main-main di kawasan Pantai Tiga Warna, pengunjung harus bergantian dengan rombongan lainnya.

Selama pandemi, ada protokol kesehatan yang harus diikuti, salah satunya adalah satu rombongan hanya diperbolehkan maksimal lima orang dan satu pemandu saja.

Wisatawan juga diwajibkan menyewa pemandu dengan harga Rp150.000 untuk lima orang.

Cara menuju Pantai Tiga Warna

Jarak Pantai Tiga Warna dengan Kota Malang kurang lebih 100 km. Pengunjung bisa ke sana dengan kendaraan roda empat atau roda dua, dan memakan waktu sekitar 3 jam.

Dari Kota Malang, pengunjung bisa berkendara menuju daerah Turen, lalu ke arah Pantai Sendang Biru. Setelahh itu ikuti jalan yang menuju ke arah Clungup Mangrove Conservation.

Setelah sampai, di post-1 kendaraan akan disemprot disinfektan dan pengunjung harus mencuci tangan dan di cek suhu tubuh, kemudian di post-2 dilakukan pengecekan. Dari post-2 menuju Pantai Tiga Warna dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit.

Syarat ke Pantai Tiga Warna

Pengelola pantai menerapkan protokol kesehatan yang harus ditaati, yakni:

 

  • Wajib memakai masker
  • Mengecek suhu tubuh
  • Menulis pernyataan sehat
  • Bagi rombongan keluarga (menunjukkan KK) akan diberikan kartu social distancing, sedangkan rombongan bukan keluarga akan diberikan kartu physical distancing.

“Bagi tamu yang suhu tinggi, akan diisolasi sementara sekitar 30-60 menit di bilik yang sudah kita sediakan,” kata Arik Anggara, Sekretaris pengurus CMC Tiga Warna.

“Jika normal akan dipersilahkan masuk ke Pos 2, jika belum normal diminta untuk nunggu lagi atau dipersilahkan merubah destinasi,” lanjutnya.

Harga tiket masuk Pantai Tiga Warna

Sebelum berkunjung, wisatawan diwajibkan reservasi lebih dahulu. Adapun cara booking Pantai Tiga Warna yakni bisa menghubungi langsung ke pengelola.

Reservasi dilakukan karena adanya pembatasan waktu berkunjung.

Harga tiket masuk Pantai Tiga Warna, yakni Rp 10.000 per orang. Lalu diwajibkan menyewa pemandu wisata Rp 150.000 per rombongan (lima orang). 

Kemudian biaya parkir motor yakni Rp 10.000, serta parkir mobil Rp15.000.

Jika ingin menyewa peralatan snorkeling, Rp 25.000, lalu sewa kano, Rp 25.000, serta sewa perahu, yakni Rp 100.000/jalan/max 5org

Sementara jam pperasional Pantai Tiga Warna yakni mulai pukul 07.00 – 14.00, dan mulai pukul 17.00 pengunjung sudah harus meninggalkan kawasan pantai.

#Wisata #Pantai #Tiga #Warna #Malang #Snorkeling #Lihat #Indahnya #Terumbu #Karang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts