Penjualan Smartphone Lesu, Ini 5 Besar Penguasa Pasar Kuartal II 2020

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang belum usai masih melumpuhkan sejumlah industri, termasuk smartphone. Penjualan ponsel pintar di pasar global dilaporkan anjlok pada kuartal kedua (Q2) 2020.

Read More

Firma riset Gartner mencatat penjualan smartphone global menurun 20,4 persen dari periode yang sama tahun lalu. Total ada 295 juta unit smartphone terjual pada Q2 2020.

Angka penurunan ini lebih besar dibandingkan pada periode kuartal pertama (Q1) 2020. Penjualan smartphone pada Q1 2020 juga menurun dengan persentase 20,2 persen. 

Faktor besar penurunan angka penjualan ini tentu saja masih tertuju pada pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi global melamban. Bahkan sejumlah negara mengumumkan resesi akibat pandemi ini.

Masyarakat dunia juga mengalihkan prioritasnya untuk meningkatkan perkakas pendukung kerja dari rumah (WFH), yang sudah berlangsung sejak kuartal pertama tahun ini.

Dalam laporannya, Gartner mencatat hampir semua lima besar vendor smartphone mengalami penurunan penjualan.

Samsung disebut yang paling terdampak. Penjualan smartphone Samsung menurun 27,1 persen secara YoY dengan angka penjualan hampir 55 juta unit.

Meski demikian, Samsung masih berada di posisi puncak penguasa pasar Q2 2020, dengan pangsa pasar Samsung pada periode ini mencapai 18,6 persen.

“Permintaan smartphone flagship seri Galaxy S tidak banyak mendongkrak penjualan smartphone global,” ungkap Direktur Peneliti Senior Gartner, Anshul Gupta.

Anshul melanjutkan, ponsel flagship Galaxy Note 20 series diharapkan bisa membantu mengoreksi hasil penjualan pada kuartal berikutnya.

Berada di bawah Samsung, Huawei menduduki peringkat kedua dengan menjual 54 juta unit smartphone dan meraup pangsa pasar 18,4 persen.

Angka penjualan ini pun menurun yaitu sebanyak 6,8 persen. Kendati demikian, taji Huawei di wilayah China masih tertancap kuat.

“Huawei masih memimpin di China dengan mencaplok 42,6 persen pangsa pasar smartphone di China pada kuartal II-2020,” ungkap Anshul.

Meski begitu, pangsa pasar smartphone di China juga menurun 7 persen secara keseluruhan. 

Gartner Laporan penjualan smartphone global pada kuartal II-2020 versi Gartner.

Apple menjadi perusahaan yang terdampak paling tipis. Penjualannya hanya turun 0,4 persen, angka penurunan yang paling sedikit dibandingkan vendor lain.

Perusahaan asal Cupertino itu berada di peringkat ketiga dengan menjual 38,3 juta smartphone dengan pangsa pasar 13 persen.

Anshul menjelaskan, ekonomi China yang perlahan mulai pulih membantu penjualan iPhone di sana. Perilisan iPhone SE 2020 juga turut menstabilkan penjualan iPhone.

Di bawah Apple, ada Xiaomi yang menjadi vendor dengan pangsa pasar 8,9 persen secara global. Xiaomi juga menjadi vendor yang terdampak besar dengan penurunan penjualan hingga 21,5 persen.

Menutup lima besar vendor smartphone global, ada Oppo yang menjual 23,6 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 8 persen.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Gartner, Kamis (27/8/2020) Oppo juga mengalami penurunan yang cukup signifikan yakni 15,9 persen dari periode yang sama di tahun lalu. 

#Penjualan #Smartphone #Lesu #Ini #Besar #Penguasa #Pasar #Kuartal

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts