Tetap Perkuat Inovasi, Robologee Gelar Graduasi Secara Virtual

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pandemi COVID-19 tidak menghalangi momentum Robologee mengadakan prosesi wisuda dan kenaikan kelas secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Minggu (16/8/2020).

Read More

“Besar harapan kami bahwa selama belajar di Robologee, Robokids mendapat hal-hal bermanfaat,” ujar Doni Abdilah Siregar dari Academic Section Robologee.

Doni pun berharap lulusannya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah, dan memiliki kreativitas serta berguna untuk masa depan.

Dalam acara virtual graduasi perdana ini, ada 5 siswa robotik dan 7 siswa coding yang lulus menjalani program. Sementara itu, 14 siswa lainnya naik level program.

“Robologee meyakini, anak adalah subyek dari membangun part robotik dan code block. Proses membangun tersebut memiliki manfaat, seperti menumbuhkan daya imajinasi dan mengasah kreativitas anak,” jelas salah satu perwakilan Academic Officer Robologee, Yulis.

Manfaat Belajar Robotik

Dalam era revolusi industri saat ini, mengkolaborasikan teknologi cyber dengan otomatisasi merupakan hal yang wajar. Sudah sepantasnya bila anak yang memiliki keinginan untuk berkembang di bidang teknologi untuk mulai belajar robotik.

Pasalnya dilansir dari The Tech Edvocate, anak dapat memperoleh beberapa manfaat belajar robotik seperti tiga hal di bawah ini.

1. Meningkatkan Kreativitas

Tidak banyak bidang yang dapat menggabungkan kreativitas dengan teknik dan teknologi, tetapi robotik berhasil menjadi wadahnya. Dengan memperlajari robotik, anak memperoleh kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang nyata dari imajinasinya.

Bila anak memiliki kesempatan untuk membuat sesuatu yang interaktif, tingkat keingintahuannya akan meningkat sehingga lebih sering terlibat dalam sesuatu.

 

2. Mengajarkan bagaimana mengubah masalah menjadi inovasi

Pada awalnya, mungkin anak akan merasa kesulitan dalam proses mempelajari cara membuat dan memprogram robot. Namun, robotik mengajarkan bagaimana mengubah masalah atau rasa frustasi menjadi inovasi.

 

Anak dapat berkembang untuk mengolah rasa frustasi menjadi ketekunan serta tekad agar berusaha keras dan mencapai hasil yang lebih tinggi. Dengan begitu, anak belajar untuk memecahkan masalah dan lebih siap untuk menghadapi situasi dunia nyata.

3. Mempersiapkan anak untuk masa depan

Saat ini, pekerjaan di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) merupakan karier yang dibutuhkan.

Masalahnya, industri memutuhkan orang-orang yang bisa memunculkan ide baru dengan pengetahuan yang memadai untuk merancang dan menciptakan teknologi tersebut. Tanpa mencoba untuk belajar robotik, anak bisa saja tidak pernah menemukan minat dan bakatnya di pasar kerja ini.

Dengan begitu, Robologee dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk mengembangkan minat dan bakat dalam dunia robotik.

Hingga saat ini, Robologee membuka peluang bagi seluruh anak di Indonesia lewat pembelajaran jarak jauh melalu aplikasi Zoom dan Edmodo.

#Tetap #Perkuat #Inovasi #Robologee #Gelar #Graduasi #Secara #Virtual

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts