12 Tempat Wisata di Kepulauan Riau, Bisa ke Mana Saja?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki wilayah yang strategis sebagai pertemuan tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Oleh karenanya, tak heran wilayah ini mampu menjadi daya tarik pariwisata, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Wilayah Kepri didominasi kontur pulau-pulau, seperti pulau Batam, Anambas, dan Bintan. Setiap pulau di Kepulauan Riau memiliki pesona pariwisata tersendiri.

Jika sudah tak sabar ingin berwisata di Kepri, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu mana saja tempat yang ingin dikunjungi.

Berikut Kompas.com rangkum 12 rekomendasi tempat wisata di Kepulauan Riau:

1. Ranoh Island

Provinsi Kepulauan Riau memiliki satu pulau yang dikenal dengan hamparan pasir pantainya yang bersih, yakni Ranoh Island atau Pulau Ranoh.

https://pesona.travel Serunya glamping di Pulau Ranoh, Batam, Kepulauan Riau

Tak jarang, wisatawan datang ke pulau ini untuk bersantai dan bermain pasir. Mereka yang snorkeling atau diving akan disuguhkan dengan pemandangan jernihnya air laut serta aneka terumbu karang dan ikan hias.

Jika ke Batam, lokasi ini tentu tak boleh dilewatkan. Hal ini karena pulau Ranoh terletak di Batam, Kepri.

2. Batu Lepe

Ingin melihat sunset indah di Kepulauan Riau, kamu bisa mendatangi salah satu tempat wisata yaitu Batu Lepe.

Wisatawan bisa melihat sunset sebagai latar belakang pemandangan laut Natuna yang langsung berbatasan dengan tiga negara, yakni Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Arti kata Batu Lepe sendiri adalah batu datar dengan diameter 35 meter dan dijadikan tempat untuk bersantai atau pun memancing. Lokasi Batu Lepe terletak di Anambas, Kepri.

3. Pulau Bawah Anambas

Masih di Anambas, kamu bisa bersantai ria di salah satu tempat hidden gem atau berlian tersembunyi, yaitu di Pulau Bawah.

Tent Villa dari resor Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas.DOK. PT PULAU BAWAH Tent Villa dari resor Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pulau ini memang digarap menjadi resor yang ramah lingkungan dan berbasis konservasi. Kamu bisa menginap di salah satu bungalownya.

Bungalow itu terdiri dari Tent Villa dan Water Villa. Kamu juga bisa menikmati ragam fasilitas menarik seperti infinity pool, bar, perpustakaan, hingga spa.

4. Barelang Bridge Batam

Beralih ke Batam, kamu bisa melakukan aktivitas menarik di sore hari atau nyore dengan mengunjungi jembatan Barelang Bridge.

Jembatan Barelang merupakan salah satu ikon Kota Batam, Kepulauan Riau. Tidak sedikit wisman yang berkunjung ke Batam, pasti selalu menyempatkan diri ke jembatan tersebut.KOMPAS.com/HADI MAULANA Jembatan Barelang merupakan salah satu ikon Kota Batam, Kepulauan Riau. Tidak sedikit wisman yang berkunjung ke Batam, pasti selalu menyempatkan diri ke jembatan tersebut.

Jembatan ini merupakan ikon Kota Batam. Jika dilihat sekilas dari kejauhan, maka kamu akan mengira bahwa jembatan ini mirip Golden Gate di San Fransisco, AS.

Kamu bisa menikmati suasana sore hari menjelang matahari terbenam atau sunset dengan ditemani pemandangan laut berwarna biru dan pulau kecil di sekelilingnya.

Barelang Bridge ini juga masih berfungsi sebagai jembatan penghubung banyak pulau, seperti Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang, dan Galang Baru.

5. Mubut Island

Jika kamu ingin merasakan sehari menjadi Sultan atau Raja, kamu bisa berkunjung ke pulau tak berpenghuni, yaitu Mubut Island.

Pesona Mubut Island atau pulau Mubut di Batam, Kepulauan Riau.shutterstock/Erwinjaya Wijaya Pesona Mubut Island atau pulau Mubut di Batam, Kepulauan Riau.

Pulau ini terletak di Batam, Kepulauan Riau. Karena tak berpenghuni, kamu masih bisa merasakan keasrian alam di pulau tersebut.

Udara tropis dan dikelilingi hutan yang masih hijau akan menjadi pemandanganmu ketika berada di sana.

Kamu bisa bersantai, menikmati sunset, serta bermain air dan pasir putih di pulau itu tanpa ada seorang pun yang mengganggumu.

6. Gurun Telaga Biru

Salah satu spot Instagramable yang ada di Kepulauan Riau adalah Gurun Telaga Biru. Lokasinya ada di Desa Busung, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Gurun Telaga Biru di Desa Busung, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, belum lama ini. KOMPAS.com/IKA FITRIANA Gurun Telaga Biru di Desa Busung, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, belum lama ini.

Tempat ini awalnya merupakan area tambang yang lalu terbengkalai. Pada akhirnya, tempat ini menjadi daya tarik wisata bagi warga sekitar dan wisatawan.

Tak jarang, bekas area tambang yang berwarna kebiruan itu menjadi spot foto bagi wisatawan di Bintan.

Pemandangan berupa paduan telaga dengan air berwarna biru dengan dikelilingi gurun pasir, menjadi sebuah padanan yang pas untuk diabadikan.

Telaga ini adalah cekungan tambang yang makin lama terisi air hujan dan berwarna biru. Sementara untuk gurun pasirnya adalah bekas tambang mengeras menyerupai batu.

7. Palm Spring Golf

Berwisata sekaligus berolahraga di Kepulauan Riau? Kamu bisa mengunjungi Palm Spring Golf yang berlokasi di Nongsa Batam, Batam.

Area seluas 274 hektar ini merupakan salah satu lapangan golf berskala internasional di Batam.

Selain lapangan, tempat ini juga memiliki resor golf premier yang menyuguhkan pemandangan indah berlatar pantai dan gedung pencakar langit Singapura.

Gedung-gedung itu tampak jelas terlihat dari area golf ini. Untuk sampai di lokasi Palm Spring Golf, kamu butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota menggunakan kendaraan pribadi.

8. Nagoya Hill Mall

Masih di Batam, kurang lengkap rasanya apabila belum mengunjungi Nagoya Hill Mall. Tempat ini merupakan salah satu tempat belanja murah di Batam.

Tak jarang, kamu bisa menemukan banyak wisatawan lainnya yang berburu oleh-oleh dari Batam di tempat ini.

Nagoya Hill Shopping Mall memiliki para pedagang yang menjual beragam barang, seperti tas brand ternama. Tas-tas itu pun bisa didapat dengan harga yang terjangkau.

9. Berfoto di spot Instagramable Via via Beach

Jika ada yang bertanya apakah bisa berwisata pantai sembari foto-foto Instagramable di Kota Batam?

Jawabannya bisa. Kamu dapat mengunjungi Via via Beach yang letaknya di Sijantung, Galang, Batam City.

Panorama perairan Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama perairan Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau.

Lokasi ini populer lantaran di sana terdapat ayunan di tengah pantai. Ayunan itulah yang menjadi spot foto Instagramable wisatawan.

10. Jabal Arafah Mosque

Tak hanya menawarkan wisata pantai, dan belanja, Batam juga menawarkan wisata religi. Kamu bisa mengunjungi Masjid Jabal Arafah Batam.

Letaknya berada di Lubuk Baja, Kota Batam. Masjid ini terbilang unik karena tidak hanya sebagai tempat beribadah umat Islam, namun juga sekaligus destinasi wisata religi keluarga di Batam.

Ragam wisatawan yang datang tak hanya dari wisnus saja, melainkan ada pulau wisman yang berasal dari Malaysia.

11. Berfoto di Monumen Batam

Berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau, tak lengkap rasanya apabila belum berfoto di Monumen Selamat Datang di Batam.

Welcome to Batam Monument.shutterstock/Elin Wahyuddin Welcome to Batam Monument.

Monumen ini merupakan identitas dari Kota Batam. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekadar berfoto selfie maupun swafoto di sini.

12. Wisata bawah laut di Kepri Coral

Tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika menyambangi Kepulauan Riau adalah Kepri Coral. Tempat ini merupakan destinasi wisata populer karena memiliki kolam renang dengan akuarium bawah laut yang memesona.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut di Kepri Coral, tanpa harus berenang.

Kepri CoralSHUTTERSTOCK.com/U-DESIGN STUDIO Kepri Coral

Cukup masuk ke dalam akuarium maka kamu sudah bisa melihat ikan dan terumbu karang yang indah.

Ada juga ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti bermain jetski, perahu kano, dan sepeda air, atau hanya sekadar menikmati keindahan pantai.

#Tempat #Wisata #Kepulauan #Riau #Bisa #Mana #Saja

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts