Sama-sama Stylus, Ini Bedanya S Pen Galaxy Tab S7 dan Note 20

  • Whatsapp

KOMPAS.com –  Samsung telah resmi memboyong dua perangkat tablet terbarunya yakni Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus ke pasar Indonesia.

Read More

Sama seperti model smartphone Galaxy Note 20 Series, kedua perangkat tablet terbaru Samsung ini kompak dibekali dengan aksesori pena (stylus) S Pen, yang telah ditingkatkan kinerjanya sehingga memiliki latency hanya 9 ms.

Meski mirip, Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni mengatakan bahwa, S Pen pada Galaxy Tab S7 Series memiliki rancangan berbeda dari S Pen milik Galaxy Note 20 Series.

“Sama-sama 9 ms, tetapi S pen Galaxy Tab S7 lebih besar, sementara S pen Note 20 lebih langsing,” ujar Elvira kepada KompasTekno, Minggu (30/8/2020). Aksesori S Pen pada Galaxy Tab S7 Series juga dibekali dengan besi magnet dan bisa ditempelkan di punggung tablet.

Stylus S-Pen juga bisa menempel di sisi-sisi tablet, walau Samsung telah menyertakan “tempat khusus” di bagian punggung tablet, segaris dengan modul kamera belakang. Tempat khusus ini sekaligus merangkap sebagai sarana pengisian baterai S Pen secara nirkabel.

KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Posisi wireless charger stylus S-Pen di bagian belakang.

Sementara, untuk S Pen pada Galaxy Note 20 Series, baterai di dalamnya akan diisi secara otomatis saat S Pen dimasukkan ke dalam kompartemen penyimpan di sisi bawah ponsel.

Selain itu, S Pen tersebut juga telah terintegrasi dengan Microsoft OneNote dan Outlook dan dapat disinkronisasi pada perangkat komputer seperti laptop dan PC guna memudahkan proses presentasi.

“Perbedaan ada di design S Pen-nya. S Pen pada Galaxy Tab S7 dan S7 Plus lebih besar dengan charging ditempelkan di sisi luar tablet. Sedangkan pada Note 20 Series, S Pen lebih kecil dengan charging pada saat dimasukkan ke tempatnya,” tutur Elvira.

S Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF S Pen memiliki warna senada dengan unit Galaxy Note 20 Ultra varian Mystic Bronze yang diterima KompasTekno. Bagian depan dan belakang ponsel berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus. Finishing di punggung berjenis matte sehingga terasa tidak licin sekaligus tak mudah ternoda sidik jari.

Mirip tapi beda peruntukkan

Elvira menambahkan bahwa, kemampuan S Pen dari Galaxy Tab S7 Series dan Galaxy Note 20 Series terlihat mirip, hanya saja, fungsi dan kegunaan yang dimanfaatkan oleh penggunanya berbeda.

Galaxy Tab S7 Series diperuntukkan bagi pengguna yang ingin memfungsikan perangkat tablet sebagai laptop, sementara Galaxy Note 20 Series dirancang untuk mendukung produktivitas pengguna smartphone.

“Kemampuannya kelihatan mirip, tetapi untuk kebiasaan pengguna saat menggunakan tablet dan smartphone berbeda,” kata Elvira.

“Kami merancang Galaxy Tab S7 dan Tab S7 Plus dengan keyboard cover dan layar 11 inci (Tab S7) dan 12,4 inci (Tab S7 Plus). Lebih nyaman untuk berproduktivitas seperti menggunakan laptop, namun jauh lebih ringan,” imbuhnya.

Galaxy Tab S7 Series turut mendukung fungsi Samsung DeX yang dapat mengubah tablet ini menjadi layaknya PC desktop, ketika terhubung dengan monitor eksternal, serta aksesori untuk menunjang produktivitas seperti cover keyboard.

Samsung juga membekali Galaxy Tab S7 Series dengan tiga aplikasi bawaan yang mencakup Noteshelf, Canva, dan Clip Studio.

Sementara itu, lanjut dia, dengan ukuran layar sekitar 6,9 inci, Galaxy Note 20 series lebih nyaman digenggam dan dimasukkan saku atau tas, untuk dibawa ke mana pun dalam aktivitas sehari-hari.

“Ditambah dengan kemampuan kamera yang memudahkan penggunanya membuat konten baik fotografi dan video sekeren professional,” pungkas Elvira.

#Samasama #Stylus #Ini #Bedanya #Pen #Galaxy #Tab #dan #Note

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts