Liburan ke Aceh? Jangan Lupa Minum Kelapa Muda Bakar

  • Whatsapp

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Seorang pekerja teliti membolak-balik buah kelapa muda di Jalan Muhammad Jam, Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (28/8/2020) sore.

Read More

Sejumlah kendaraan roda dua dan empat parkir di jalanan aspal mulus itu. Lokasi ini persis di depan Gedung Juang Pelajar Islam Indonesia (PII) Provinsi Aceh.

Di lokasi itu kelapa muda dibakar.

Pekerja sibuk membolak-balik buah kelapa dalam tungku perapian yang telah disiapkan. Buah kelapa itu lalu dipadu padan dengan selera pelanggan.

Misalnya buah kelapa dengan bumbu serai, buah kelapa murni (artinya buah kelapa bakar saja), kelapa bakar jahe susu, sirup susu, susu gula merah, jahe madu dan aneka jenis lainnya.

Salah seorang pekerja, Muhammad, di lokasi menyebutkan puluhan kelapa bakar selalu laku dari pagi hingga sore. Namun, mayoritas pembeli datang ke lokasi siang hingga sore hari.

Makin sore, pengunjung makin ramai. Umumnya pekerja yang melepas dahaga selepas seharian di kantor.

“Setelah dibakar sekitar 30 menit, barulah dikupas kulit yang dibakar. Lalu diserut halus-halur, baru dicampur dengan bumsu sesuai pesanan. Apakah pakai madu, atau lainnya,” kata Muhammad.

Penganan lain tak terlalu mewah, tersedia kacang dan kerupuk dsebagai cemilan menemani kelapa muda bakar.

Nah, jika berkunjung ke Aceh, silakan nikmati kesegaran kelapa muda bakar ini. Adapun harga yang dibanderol untuk kelapa bakar yakni Rp 16.000 per buah.

#Liburan #Aceh #Jangan #Lupa #Minum #Kelapa #Muda #Bakar

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts