Australia dan China Makin Tegang, Huawei Setop Sponsor untuk Tim Rugbi

  • Whatsapp

CANBERRA, KOMPAS.com – Perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei, mengatakan akan mengakhiri sponsornya terhadap salah satu tim rugbi nasional tahun ini.

Read More

Pernyataan tersebut diumumkan Huawei pada Senin (31/8/2020). Padahal kontrak sponsor antara Huawei dengan Canberra Raiders baru berakhir pada 2021.

Huawei juga telah menjadi sponsor tim rugbi tersebut selama hampir 10 tahun.

Huawei beralasan bahwa pemutusan kontrak terhadap Canberra Raiders disebabkan karena lingkungan bisnis yang negatif sebagaimana dilansir dari Reuters.

Perusahaan itu menambahkan hal tersebut berdampak pada perkiraan pendapatan perusahaan di Australia yang telah diprediksi sebelumnya.

Keputusan tersebut juga menyusul hubungan yang semakin tegang antara Negeri “Kanguru” dengan Negeri “Panda” akhir-akhir ini.

Australia sebelumnya telah berupaya mengurangi pengaruh China di negaranya di tengah kekhawatiran berbagai di isu seperti isu perdagangan dan isu keamanan.

Di bawah pemerintahan mantan Perdana Menteri Malcolm Turnbull, Australia menjadi negara pertama yang secara efektif melarang Huawei dari pengembangan jaringan 5G di negara tersebut pada 2018.

Alasan keamanan nasional menjadi alasan Australia melarang Huawei ikut andil dalam pengembangan jaringan nirkabel generasi baru tersebut.

Hal itu membuat hubungan antara Australia dengan China menjadi memburuk.

Pada April, pemerintahan Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyerukan untuk menggelar penyelidikan asal muasal virus corona sebagaimana dilansir dari CX Tech.

Seruan itu membuat hubungan kedua negara semakin buruk dan mencapai titik terendahnya.

Kepala Urusan Perusahaan Huawei di Australia, Jeremy Mitchell, mengatakan bahkan setelah pemerintahan Turnbull melarang Huawei dalam pengembangan jaringan 5G, pihaknya menemukan sumber daya untuk melanjutkan sponsor.

“Tetapi kami tidak dapat lagi mendukungnya secara finansial,” kata Mitchell dalam sebuah pernyataan.

#Australia #dan #China #Makin #Tegang #Huawei #Setop #Sponsor #untuk #Tim #Rugbi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts