Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin Es Krim, Ikuti Resep Dasar Ini…

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Gelato adalah es krim versi Italia yang punya ciri tekstur lebih padat dan rasa yang tajam. Di Italia, gelato lebih sering menjadi hidangan camilan.

Read More

Adonan dasar gelato disebut gelato di crema, berasal dari susu atau krim yang dikentalkan dengan gula dan kuning telur.

Hampir semua gelato dibuat dengan resep dasar tersebut dan ditambahkan rasa sesuai selera. Seperti yang kita tahu, untuk membuat es krim biasanya dibutuhkan mesin khusus.

Jika kamu tidak punya mesin tersebut, kamu tetap bisa membuat gelato. Berikut ini resep dasar gelato dilansir dari MemorieDiangelina.

Resep gelato di crema

Bahan:

  • 500 ml (2 cup) susu atau susu dan krim dalam jumlah yang sama
  • 150 gram (3/4 cup) gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 1 buah vanila, ambil bijinya, atau kulit lemon (opsional)

Cara membuat gelato:

1. Pada panci, tuang susu atau susu dan krim, setengah bagian dari gula dan vanila atau kulit lemon. Masak sampai mendidih.

Saat susu sudah mulai bergelembung, angkat segera dari api dan biarkan dingin. Jika menggunakan kulit vanila atau kulit lemon, kamu bisa menutup panci agar aroma vanila dan lemon lebih keluar.

2. Kocok kuning telur dan sisa gula di dalam mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata dan kental seperti krim.

3. Turunkan kecepatan mixer dan perlahan tambahkan susu yang sudah didinginkan. Aduk sampai semuanya tercampur rata.

4. Setelah adonan tercampur rata, pindahkan adonan kembali ke dalam panci. Panaskan adonan perlahan sampai cukup mengental dengan teknik masak bain-marie (meletakkan panci berisi adonan di atas panci berisi air mendidih, sehingga panasnya lebih lembut).

Selain dengan teknik bain-marie, kamu bisa panaskan adonan di atas api kompor langsung tetapi harus selalu diperhatikan pengaturan apinya.

Jangan sampai adonan mencapai titik didih. Jika adonan dirasa terlalu panas, kamu bisa tambahkan sedikit susu atau krim dingin ke dalamnya.

SHUTTERSTOCK/ALESSANDROZOCC Ilustrasi gelato khas Italia. Gelato punya tekstur lebih padat daripada es krim.

5. Setelah adonan mengental, angkat dari api, saring ke dalam mangkuk. Dinginkan di lemari es. Saat didinginkan, adonan akan semakin mengental.

6. Tuang adonan ke dalam pembuat es krim dan lanjutkan mengocok sesuai instruksi pada mesin.

Biasanya, dibutuhkan waktu selama 20-30 menit untuk menghasilkan tekstur yang lembut. Jika ingin gelato yang lebih keras, bekukan selama satu atau dua jam sebelum disajikan.

Jika kamu menyimpannya di dalam freezer dalam waktu yang lama, keluarkan dari freezer sekitar 15 menit atau lebih sebelum disajikan.

Tips membuat gelato

Gelato juga dapat dibuat tanpa mesin pembuat es krim. Caranya adalah masukkan adonan ke dalam wadah besar yang tertutup ke dalam freezer.

Setelah sekitar satu jam, keluarkan wadah dan aduk kuat-kuat dengan pengocok atau sendok kayu.

Ulangi proses ini sesering mungkin (beberapa resep mengatakan setiap 15 menit) setelahnya. Setelah dua jam, gelato sudah siap untuk dimakan.


#Cara #Membuat #Gelato #Tanpa #Mesin #Krim #Ikuti #Resep #Dasar #Ini

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts