Update Uji Klinis Vaksin Covid-19, Sudah 1.089 Relawan Disuntik Halaman all

  • Whatsapp

BANDUNG, KOMPAS.com – Lebih dari 2.000 warga Bandung mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China.

Read More

“Jumlah ini melebihi dari yang dibutuhkan sebanyak 1.620 relawan,” ujar Peneliti Utama dari Fakultas Kedokteran Unpad Prof Kusnandi Rusmil dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (1/10/2020).

Kusnandi menjelaskan, hingga kini ada 1.447 relawan yang diskrining. Dari jumlah itu, 1.089 sukarelawan sudah menerima suntikan pertama, 650 sukarelawan mendapat suntikan kedua.

Kemudian 110 relawan sudah melakukan pengambilan darah 14 hari pasca suntikan kedua.

“Hingga saat ini belum ada dilaporkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius akibat vaksin atau vaksinasi,” tutur dia.

Kusnandi mengungkapkan, tim akan terus memantau keamanan vaksin dan kejadian ikutan pasca imunisasi Covid-19 pada sukarelawan sampai mereka menyelesaikan pemantauan 6 bulan.

Ia mengingatkan, tidak semua relawan disuntik vaksin. Hanya ada 540 orang yang akan disuntikkan vaksin, sedangkan sisanya akan mendapat cairan plasebo.

Penentuan pemberian vaksin atau plasebo dilakukan secara acak. Bagi yang menerima plasebo akan mendapatkan vaksin Covid-19 setelah vaksin didaftarkan.

Untuk itu, ia mengingatkan semua sukarelawan untuk selalu menerapkan implementasi protokol pencegahan Covid-19.

“Tim uji klinis akan melaporkan hasil imunogenisitas, keamanan dan laporan interim efikasi pada Januari 2021, yang dapat dipergunakan sebagai dasar Bio Farma untuk pengajuan EUA ke BPOM,” ucap dia.

#Update #Uji #Klinis #Vaksin #Covid19 #Sudah #Relawan #Disuntik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts