6 Jenis Kue Bulan di China, dari Isi Telur Asin sampai Kelopak Mawar Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kue bulan jadi salah satu cara masyarakat China untuk memberi penghormatan pada Chang E., sosok yang dipercaya jadi Dewi Bulan.

Read More

Bentuknya bulat menyerupai bulan, dengan beragam jenis rasa isian. Kue bulan jadi makanan paling dicari terutama menjelang Perayaan Kue Bulan atau Festival Pertengahan Musim Gugur.

Dilansir dari China Highlight, dalam kebudayaan China bentuk bulat pada kue bulan tidak hanya untuk menghormati sosok Chang E. 

Kue bulan juga jadi simbol keutuhan dan kebersamaan dalam kebersamaan.

Ada banyak jenis kue bulan. Ada yang menggunakan jenis kulit tebal dan renyah, tipis dan mudah hancur, dan berkulit lembut.

“Umumnya kue bulan memiliki berbagai macam jenis, beberapanya yaitu kue bulan yang dipanggang, snow skin, crispy, cokelat, bahkan agar-agar. Untuk isian kue bulan pun sekarang sangat beragam,” kata Executive Chinese Chef JW Marriott Jakarta, Daniel Foong, pada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Shutterstock/JoulyC Ilustrasi kue bulan gaya suzhou

Sekarang memang banyak kue bulan yang menggunakan rasa kekinian sebagai isiannya, seperti isian green tea, cokelat, cream cheese, es krim, bahkan biskuit Oreo dan Lotus Biscoff.

Sementara kue bulan tradisional menurut Chef Daniel biasanya menggunakan isian white lotus paste atau pasta dari teratai putih dan kuning telur utuh di tengah.

Varian kue bulan di China tergantung dengan tradisi di daerahnya masing-masing. Berikut ini beberapa variasi kue bulan paling populer di China seperti dilansir dari China Highlights.

1. Kue bulan gaya Kanton

Kue bulan bergaya kanton berasal dari Provinsi Guangdong yang ada di China Tenggara. Bahan yang digunakan sebagai isiannya beragam.

Biasanya termasuk pasta biji lotus, pasta biji melon, ham, daging ayam, daging bebek, babi panggang, jamur, dan kuning telur. Cita rasa dari kue bulan gaya kanton biasanya manis.

Ilustrasi kue bulan gaya YunnanShutterstock/Thomas and James Ilustrasi kue bulan gaya Yunnan

2. Kue bulan gaya Beijing

Biasanya kue bulan jenis ini bisa ditemukan secara umum di China Utara. Asalnya dari Beijing dan Tianjin.

Kekhasan dari kue bulan gaya Beijing adalah rasanya yang manis dan dekorasinya yang sangat detil. Proporsi antara pastry dan isiannya adalah 4:6.

3. Kue bulan gaya Suzhou

Sedikit berbeda dari kue bulan yang biasa kamu lihat, kue bulan gaya Suzhou khas dengan bagian pastry yang tipis dan mudah hancur.

Namun kue bulan ini terkenal kaya akan gula dan lemak.

Ada varian asin dan manis dalam kue bulan gaya Suzhou. Biasanya muncul di negara bagian Yangtze sekitar Shanghai. Kue bulan jenis ini telah ada sejak ribuan tahun lalu.

4. Kue bulan gaya Chaoshan

Chaoshan adalah daerah di Guangdong yang ada di China Tenggara. Kue bulan gaya Chaoshan punya bagian kulit yang khas.

Ilustrasi kue bulan ice skin gaya Hong KongShutterstock/Romix Image Ilustrasi kue bulan ice skin gaya Hong Kong

Ukurannya juga lebih besar daripada kue bulan kebanyakan. Isian yang banyak digunakan biasanya pasta kacang hijau, kacang hitam, dan kentang.

5.Kue bulan gaya Yunnan

Ada dua jenis isian yang terkenal dari kue bulan gaya Yunnan yakni kue bulan ham dan kue bulan bunga.

Kue bulan ham diisi dengan potongan ham dan madu yang manis. Rasa kue bulan ini manis dan sedikit gurih.

 

Sementara kue bulan bunga diisi dengan bunga mawar segar dan bunga yang bisa dimakan jenis lain, dibungkus dengan kulit pastry.

6. Kue bulan gaya Hong Kong

Kue bulan Hong Kong populer dengan kulitnya yang disebut ice-skin. Kulitnya tidak benar-benar dibuat dari es.

Namun disebut ice-skin karena warnanya putih dan tidak dipanggang dalam oven. Hanya saja kue bulan dibekukan dalam lemari es.

#Jenis #Kue #Bulan #China #dari #Isi #Telur #Asin #sampai #Kelopak #Mawar #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts