Komentari Debat Capres AS, Biden: Trump Aib Nasional Halaman all

  • Whatsapp

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Calon presiden Amerika Serikat ( AS) Joe Biden mencap performa debat Donald Trump sebagai “aib nasional”.

Read More

Biden beralasan, presiden tidak membahas kekhawatiran sehari-hari orang Amerika, dan tidak menyinggung kelompok supremasi kulit putih secara jelas.

“Mungkin saya tidak boleh mengatakan ini, tetapi presiden Amerika Serikat bersikap seperti yang dia lakukan – saya rasa itu aib nasional”, kata Biden dikutip dari AFP Rabu (30/9/2020).

Ia mengucapkannya saat singgah di Alliance, Ohio, dalam bagian tur kereta api melintasi swing states Ohio dan Pennsylvania.

Trump dan Biden terlibat adu argumen yang sengit pada Selasa (29/9/2020) di Cleveland sata berhadapan di debat capres pertama.

Keduanya saling berbalas serangan verbal, tetapi Trump sangat sering memotong pembicaraan lawannya sampai Biden menyuruhnya “tutup mulut”.

Dalam debat Trump enggan mengecam dan berkata tegas terhadap kelompok supremasi kulit putih atau Proud Boys, tapi justru membicarakan kelompok milisi dengan mengatakan mereka harus “mundur dan menyingkir”, dan masalah sebenarnya adalah ekstremis “paling kiri”.

Di Alliance, Biden menyerang pernyataan presiden ke-45 AS tersebut.

“Pesan saya kepada Proud Boys dan setiap kelompok supremasi kulit putih lainnya adalah: tahan dan berhentilah,” kata Biden.

“Itu bukan kita. Ini bukan siapa kita sebagai orang Amerika.”

Biden yang merupakan wapres Barack Obama juga tampak bersemangat dengan mengkritik Trump, karena tidak menyinggung langsung penderitaan rakyat “Negeri Paman Sam” selama krisis Covid-19.

“Apakah presiden Anda tahu atau memahami apa yang Anda alami? Dan jika ya, apakah dia peduli pada Anda?” sindir Biden.

“Atau apakah dia mengabaikanmu, merendahkanmu, membohongimu?”

Performa debat Trump adalah “semua tentang dia,” tambah Biden.

“Dia tidak pernah berbicara denganmu atau soal keprihatinanmu terhadap rakyat Amerika.”

#Komentari #Debat #Capres #Biden #Trump #Aib #Nasional #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts