Donald Trump Positif Covid-19, Ini Respons Para Pemimpin Dunia Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Berbagai respons muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikonfirmasi positif Covid-19. 

Read More

Sebelumnya, informasi soal hasil tes positif Covid-19 ini disampaikan melalui akun Twitter resmi @realDonaldTrump, bahwa ia dan istrinya, Melania Trump telah dikonfirmasi positif virus corona baru tersebut.

Twit yang diunggah pada Jumat (2/10/2020) ini pun telah dibagikan ulang ratusan ribu kali.

Para pemimpin dunia turut mengungkapan responsnya atas kabar tersebut. Pasalnya, dengan kasus Covid-19 yang dialami oleh Trump, deretan pemimpin dunia yang terpapar infeksi virus ini pun semakin bertambah, termasuk mereka yang skeptis akan Covid-19.

Berikut adalah sejumlah respons dari pemimpin dunia soal Donald Trump yang dikonfirmasi positif virus corona:

WHO

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut merespons informasi bahwa Trump dikonfirmasi positif Covid-19.

Selain membagikan ulang twit dari Trump, Tedros juga menyampaikan harapan terbaik agar Presiden Trump dan Melania Trump dapat segera pulih.

Perdana Menteri India Narendra Modi

Perdana Menteri India Narendra Modi menjadi salah satu kepala negara di dunia yang pertama menyampaikan pesan dukungannya kepada Trump.

India sendiri menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang mencatatkan kasus Covid-19 terbanyak, yaitu lebih dari 6,4 juta kasus dengan kasus kematian yang telah melewati angka 100.000.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Melansir Global News, Jumat (2/10/2020), Presiden Rusia Vladimir Putin menulis sebuah pesan langsung kepada Trump yang dirilis oleh Kremlin.

“Saya berharap bahwa vitalitas, semangat baik, dan optimisme Anda dapat membantu menghadapi virus berbahaya ini,” tulis Putin.

Rusia sendiri telah melaporkan lebih dari 1 juta kasus Covid-19 ang terjadi dengan lebih dari 20.000 kasus kematian di dalamnya. 

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang juga pernah terpapar virus corona pada akhir Maret lalu, juga turut mengirimkan harapannya atas kondisi Donald Trump.

Pada awal April, Johnson juga dilarikan ke rumah sakit di London dan dimasukan ke unit pelayanan intensif. 

Hingga kini, Inggris telah mencatatkan lebih dari 400.000 kasus virus corona dengan lebih dari 42.000 kematian yang terjadi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang bertemu dengan Trump di Washington pertengahan September lalu, turut menyampaikan harapannya untuk kesembuhan Trump.

Hingga kini, Israel sendiri telah mencatatkan lebih dari 238 ribu kasus dengan lebih dari 1.500 kematian.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyampaikan harapannya untuk kesembuhan Trump melalui akun Twitternya @RTErdogan.

“Saya mendoakan kesembuhan yang cepat untuk Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump, yang dikonfirmasi positif Covid-19. Saya benar-benar berharap bahwa mereka dapat menghadapi masa karantina tanpa masalah dan memulihkan kesehatannya sesegera mungkin,” tulisnya.

Presiden Afghanistan Ashraf Gani

Presiden Afghanistan Ashraf Gani menyampaikan rasa sedihnya atas kabar tentang Donald Trump ini melalui akun Twitternya.

Perdana Menteri Slovenia Janez Janša

Perdana Menteri Slovenia Janez Janša juga turut menyampaikan harapan untuk kesembuhan Trump dan Melania. 

Melania sendiri lahir dan dibesarkan Republik Yugoslavia saat itu di Slovenia dan tetap menjadi warga negara Eropa Timur di samping memegang kewarganegaraan Amerika. 

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador

Dalam sebuah pertemuan dengan para jurnalis, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengungkapkan harapannya agar Trump dapat segera sembuh. 

Sama seperti Trump, ia juga enggan menggunakan masker di hadapan publik. 

Sejauh ini, Meksiko telah melaporkan lebih dari 743 ribu kasus dan lebih dari 77 ribu kasus kematian akibat Covid-19.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa merupakan salah satu pemimpin di benua Afrika yang turut menyampaikan simpati dan harapannya kepada Trump melalui akun Twitternya. 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dikabarkan mengirimkan pesan yang mengungkapkan simpatinya kepada Trump dan istri.

“Ia (Kim Jong-Un) benar-benar berharap bahwa mereka dapat pulih secepat mungkin. Ia berharap, mereka akan dapat mengatasinya,” kata Korean Central News Agency dalam laporannya. 

Pemimpin-pemimpin dunia lainnya

Melansir VOA News, Jumat (2/10/2020), sejumlah pemimpin dunia lainnya juga turut menyampaikan simpati dan harapan untuk kesembuhan Trump, di antaranya adalah Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel.


#Donald #Trump #Positif #Covid19 #Ini #Respons #Para #Pemimpin #Dunia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts