Menghitung Kalori Sebelum Makan Tak Selamanya Baik Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mengurangi jumlah kalori harian terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Maka tak heran beberapa orang yang ingin mendapatkan berat badan ideal lebih dulu menghitung jumlah kalori makanan yang hendak dikonsumsi.

Read More

Tapi, ternyata menurut para ilmuwan cara tersebut tidaklah tepat. Alih-alih menurunkan berat badan, menghitung kalori malah bisa menyebabkan kekurangan nutrisi dan kehilangan otot yang berdampak pada masalah kesehatan lain.

Para peneliti di Stanford University menemukan, tidak ada penurunan berat badan signifikan terhadap mereka yang melakukan diet rendah lemak dan diet rendah karbohidrat. Padahal, biasanya mereka memilih jenis makanan yang sehat dan lebih dulu menghitung jumlah kalori.

Malah, orang-orang yang menjalani diet tanpa mengkhawatirkan asupan kalori mengalami penurunan berat badan yang tak jauh berbeda.

Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti menyimpulkan mengurangi jumlah kalori memang efektif menurunkan berat badan. Namun, daripada menghitung kalori jauh lebih baik untuk fokus terhadap jenis makanan yang dikonsumsi.

Untuk penurunan berat badan yang sehat, seseorang harus mengonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah cukup daripada hanya menghitung kalori.

Beberapa orang yang menghitung kalori lebih fokus terhadap satu jenis makanan dan lupa dengan kebutuhan kalorinya. Contoh, karena sangat memikirkan jumlah kalori, seseorang lebih memilih sarapan dengan protein bar.

Padahal, nutrisi yang terkandung di protein bar tidak memenuhi kebutuhan tubuh. Akibatnya metabolisme melambat dan membuat tubuh terasa lemas.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dapat menjaga tingkat energi tubuh dan membantu proses pembakaran lemak.

Ingat, tujuan utama mengurangi kalori adalah menurunkan berat badan dan bukan mengorbankan kesehatan. Selain mengatur pola makan yang sehat, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak dengan rutin berolahraga.

 

#Menghitung #Kalori #Sebelum #Makan #Tak #Selamanya #Baik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts