Peraturan Investasi Bijak yang Dirindukan Investor Asing

  • Whatsapp

Data Bank Dunia mengungkap, Indonesia berada pada peringkat 72 dari 190 negara untuk kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business. Ini menjadi bukti bahwa keyakinan atas perekonomian Indonesia saat itu di luar dari kondisi perekonomian global. 

Dalam dunia bisnis, banyak manfaat yang diperoleh dengan mengalirnya investasi asing ke Indonesia. Salah satunya adalah masuknya modal untuk mendanai berbagai sektor yang kekurangan dana. Selain pendanaan, investasi juga berfungsi sebagai sarana dan motivasi dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi Indonesia. Dengan begitu, lapangan kerja terbuka dan dapat menekan angka pengangguran.

Read More

Setiap investor asing yang masuk ke Indonesia pasti disertai dengan transfer of knowledge dan transfer of technology. Imbasnya, negara dengan segudang potensi ini akan memiliki daya saing yang lebih baik dengan pengembangan teknologi dan kemampuan anyar tersebut.

Manfaat paling nyata dari masuknya investor asing adalah meningkatnya pendapatan negara melalui pajak langsung dan bukan pajak. Di satu sisi, penanaman modal asing akan menciptakan hubungan yang stabil dalam lingkup perekonomian antar dua negara atau lebih.

Beragam kebijakan industri pertambangan terus dikembangkan untuk meningkatkan daya saing produktivitas. Selain itu, kerja sama dengan berbagai pihak terus dilakukan guna menarik investor menanamkan modalnya di negara ini.

Hadirnya investasi membawa atmosfer positif bagi seluruh nilai tambah dalam negeri. Selain itu, kehadiran investasi dapat membuka akses pasar ekspor lebih luas. Dengan sumber daya melimpah, bukan saja faktor produksi tetapi juga pasar yang menjanjikan telah membuat Indonesia sebagai surga bagi pengembangan bisnis untuk perusahaan-perusahaan global melalui pengembangan pabrik bersama kawasan industri yang dibangun.

Dapat dikatakan, investor asing memiliki kaya manfaat bagi negara serta seluruh instrumen dan elemen masyarakatnya. Perjanjian kerjasama yang ditawarkan oleh investor asing sewajibnya disepakati, dan harus dihormati agar investasi dapat berjalan baik kedepannya.

Selain itu, hubungan investor asing dengan negara tujuan sebaiknya jelas dan berjalan beriringan. Salah satunya melalui peraturan negara untuk investor yang dibuat lebih jelas dan tidak tumpang tindih. Jika hal tersebut selalu terjadi, bisa saja dapat membuat investor enggan menanamkan modalnya lebih lama di Indonesia.

Dengan memegang teguh kesepakatan antara negara dengan investor asing, maka hubungan keduanya akan berjalan dengan baik, serta sesuai dengan tujuan dan harapan yang diciptakan bersama.

Jika sudah berjalan baik, maka cita-cita Indonesia menuju negara  maju yang lebih produktif, yang memiliki daya saing, dan memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menghadapi perubahan zaman dapat terwujud.

Related posts