Tips Lelehkan Cokelat agar Mengilap dan Rasanya Lebih Enak Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Cara melelehkan cokelat atau biasa disebut tempering akan memengaruhi hasil akhir cokelat. Proses ini biasanya dilakukan pada cokelat couverture yang mempunyai kandungan cocoa butter.

Read More

Proses ini cukup penting untuk cokelat couverture karena berguna menstabilkan kandungan cocoa butter di dalamnya.

Selain itu, tampilan cokelat akan mengilap dan rasanya lebih enak apabila cokelat dilelehkan dengan teknik tempering.

Kamu dapat melalukan proses tempering cokelat di rumah. Gunakan panci dan kompor biasa atau microwave untuk proses yang lebih sederhana.

Melansir, berikut cara mudah melakukan tempering atau melelahkan cokelat di rumah.


1. Potong cokelat jadi kecil

Cokelat batang yang akan dilelehkan harus dipotong kecil-kecil. Setelah dipotong, bagi menjadi dua.

Satu bagian dilelehkan hingga rata, lalu angkat. Kemudian tambahkan bagian sisa cokelat lainnya, aduk hingga meleleh sempurna.

2. Lelehkan cokelat pakai panci dan kompor atau microwave

Dok. Shutterstock Metode bain marie untuk melelehkan cokelat.

Melelehkan cokelat bisa menggunakan panci dan kompor biasa atau microwave. Apabila menggunakan panci dan kompor biasa, terapkan metode bain marie atau double boil.

Siapkan panci dan mangkuk besar. Isi panci dengan air, letakkan mangkuk di atas panci. Cara ini seperti menggunakan alat pengukus. Cokelat diletakkan di dalam mangkuk. Nantinya akan meleleh karena panas dari air mendidih di bawah mangkuk.

Cara melelehkan cokelat menggunakan panci dan kompor dapat mengurangi risiko cokelat gosong. Asalkan kamu memerhatikan terus cokelat dengan seksama. Dapat terlihat cokelat sudah meleleh sempurna atau belum.

Selanjutnya kamu pun dapat melelehkan cokelat dengan microwave. Siapkan mangkuk atau gelas biasa. Lelehkan cokelat dalam microwave. Keluarkan cokelat setiap 30 detik sekali. Aduk dan tambah bagian cokelat lain. Lakukan secara berulang.

Mengeluarkan cokelat setiap 30 detik sekali bertujuan untuk mengurangi risiko cokelat gosong. Proses ini juga membuat cokelat leleh dengan rata.

3. Gunakan es batu dan perhatikan suhu cokelat

Kalau kamu sudah melihat cokelat meleleh sempurna dan terlihat mengilap, angkat dan matikan api.

Setelah rata, letakkan wadah berisi cokelat di atas wadah berisi es batu. Aduk cokelat hingga suhunya turun.

Suhu adalah faktor penting dalam proses melelehkan cokelat. Perhatikan secara seksama suhu cokelat yang sedang kamu lelehkan.

Suhu untuk melelehkan setiap jenis cokelat pun tak sama. Seperti dark chocolate, harus mencapai suhu 40-45 derajat celsius dalam proses tempering.

Setelah mencapai suhu tersebut, suhu cokelat diturunkan sampai 28-29 derajat celsius. Lalu sebelum digunakan, suhu cokelat harus dinaikkan kembali ke 30-31 derajat celsius.

Sementara untuk milk chocolate, lelehkan sampai suhu 40-45 derajat celsius. Turunkan hingga suhu 26-27 derajat celsius di atas mangkuk dengan es batu. Lalu panaskan kembali ke suhu 28-30 derajat celsius sebelum digunakan.

Ilustrasi chocolate dome, olahan cokelat couverture. SHUTTERSTIOCK/THEERAWAN Ilustrasi chocolate dome, olahan cokelat couverture.

Terakhir adalah white chocolate. Cairkan hingga mencapai suhu 40-45 derajat celsius.

Kalau sudah mencapai ke titik itu angkat dari panci dan letakkan di atas es batu, lalu turunkan suhu hingga 25-26 derajat celsius. Sebelum digunakan, panaskan kembali sampai suhu 27-28 derajat celsius.

Jika sudah mencapai suhu yang diinginkan, maka cokelat yang sudah dilelehkan siap untuk digunakan. Biasanya cokelat tempering seperti ini bisa digunakan untuk praline, hiasan sajian dessert, atau chocolate dome.

#Tips #Lelehkan #Cokelat #agar #Mengilap #dan #Rasanya #Lebih #Enak #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts