Semester I-2020, Laba Bank Victoria Anjlok 75,7 Persen

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Victoria International Tbk (Bank Victoria) mencatatkan capaian laba bersih Rp 8 miliar pada semester I 2020. Capaian laba bersih menurun drastis sebesar 75,7 persen dari Rp 32,9 miliar per Juni 2019.

Read More

Wakil Direktur Utama Bank Victoria, Rusli mengatakan, capaian laba bersih diperoleh dari mempertahankan pendapatan non bunga di tengah rasio net interest income (NII) yang menurun.

“Kami mampu mempertahankan pendapatan fee based income, sehingga mampu membukukan laba bersih Rp 8 miliar. Ini masih cukup bagus dan membuat bank kami cukup profitable,” kata Rusli dalam paparan publik kinerja Bank Victoria secara virtual, Jumat (16/10/2020).

Tercatat, rasio permodalan (CAR) meningkat jadi sebesar 18,22 persen dari sebelumnya 17,29 persen pada posisi Desember 2019. Likuiditas bank berada pada kondisi cukup baik, terlihat dari rasio LFR yang berada pada kisaran 82 persen.

Sementara itu, penyaluran kredit Bank Victoria hingga semester I 2020 telah mencapai Rp 14,6 triliun atau meningkat 2,3 persen secara tahunan (year on year/yoy). Rasio NPL netto bank juga mengalami penurunan, dari 4,96 persen menjadi 2,73 persen.

Namun pihaknya tak memungkiri, penyaluran kredit di masa pandemi Covid-19 mengalami kendala. Rendahnya permintaan kredit dari industri berpotensi membuat pertumbuhan kredit stagnan hingga akhir tahun 2020.

“Maka itu perbaikan kredit akan kami tingkatkan terus. CASA juga kami tingkatkan agar biaya dana bisa menurun. Kita ingin mempercepat proses kredit, mencegah NPL, dan meningkatkan yield on loan dan fee based income,” paparnya.

Sementara untuk mengerek NPL turun, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap beberapa debitur yang bisnisnya sudah terdampak pandemi Covid-19. Debitur ini bakal diberikan penanganan restrukturisasi di awal, sebelum debitur mendatangi bank.

“Kami akan jemput bola secara langsung. Kami antisipasi jangan sampai nasabah yang datang ke bank. Kalau nasabah sudah datang ke bank, itu sudah telat,” pungkasnya.

Penuhi Aturan Main OJK, Bank Victoria Tambah Modal Rp 3 Triliun

#Semester #I2020 #Laba #Bank #Victoria #Anjlok #Persen

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts