Sama-sama Game MOBA, Ini Bedanya Wild Rift dan Mobile Legends

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Riot Games tleah mulai menghadirkan game Multiplayer Online Battle Arena ( MOBA) smartphone teranyarnya yang berjudul League of Legends: Wild Rift di Indonesia.

Read More

Game yang diadaptasi dari League of Legends versi PC ini sejatinya memiliki sejumlah persamaan dengan game MOBA populer lain, salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang.

Di ukuran skala pemain, misalnya, Wild Rift dan Mobile Legends mengadu 2 tim yang masing-masing berisi 5 pemain dalam sebuah arena. Aneka skill dan perlengkapan (item)seperti senjata dan armor tersedia untuk meningkatkan kemampuan bertarung. 

Jumlah peran (role) dari karakter hero yang digunakan untuk bermain juga mirip. Ada 5 tipe hero yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman. Kelima role ini memiliki keunggulan tersendiri untuk membantu tim memenangkan pertandingan.

Meski memiliki beberapa persamaan, Wild Rift dan Mobile Legends sebenarnya mempunyai banyak perbedaan yang membuat masing-masing game memiliki keunikan tersendiri. Apa saja?

Beda jumlah, nama karakter, dan tempat

Sebagai game yang sudah beberapa tahun eksis, Mobile Legends memiliki jumlah hero lebih banyak, mencapai 99. Sementara Wild Rift menawarkan 40 hero yang di game ini disebut sebagai “Champions”.

KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi kumpulan karakter di Wild Rift (atas) dan Mobile Legends (bawah).

Nama puluhan karakter di kedua game ini juga berbeda, tidak ada yang sama, begitu juga skill dari masing-masing karakter tersebut.

Arena tempat bertarung disebut sebagai “Wild Rift” di game Wild Rift, sementara di Mobile Legends, namanya adalah “Land of Dawn”.

Meski sekarang masih lebih sedikit dibanding Mobile Legends, jumlah Champions di Wild Rift kemungkinan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Mobile Legends sendiri pada saat kehadiran perdananya di 2016 hanya menawarkan 10 karakter hero.

Beda cara belanja item dan spell

Perbedaan lainnya berasal dari sistem pembelian senjata (equipment) alias shop. Pemain Mobile Legends bisa membeli item kapanpun dan di manapun saat bermain, asalkan memiliki jumlah gold yang cukup.

Sebaliknya, di Wild Rift, pemain tidak bisa membeli equipment di sembarang tempat, melainkan harus kembali ke markas (base) terlebih dahulu.

Hal ini membuat sistem permainan (gameplay) Mobile Legends lebih efisien lantaran pemain bisa fokus ke permainan, daripada membuang waktu kembali ke markas untuk membeli item.

Pemain Wild Rift bisa menggunakan 2 battle spell, sementara Mobile Legends hanya 1 (cuma battle spell bernama Flameshot). DI gambar juga terlihat ada Red Drake (atas) Wild Rift dan Turtle (bawah) Mobile Legends.KOMPAS.com/Bill Clinten Pemain Wild Rift bisa menggunakan 2 battle spell, sementara Mobile Legends hanya 1 (cuma battle spell bernama Flameshot). DI gambar juga terlihat ada Red Drake (atas) Wild Rift dan Turtle (bawah) Mobile Legends.

Kendati demikian, pemain Wild Rift bisa menggunakan dua battle spell, berbeda dengan Mobile Legends yang membatasi pemain hanya dapat memakai satu battle spell.

Battle spell ini sederhananya merupakan suatu kemampuan tambahan yang bisa dipakai untuk membantu pemain ketika mereka berperang.

Dengan battle spell, misalnya, pemain bisa kabur dengan mudah, mengejar pemain lainnya dengan cepat, mengisi health points (HP) agar tetap bisa bertarung, meningkatkan serangan, dan lain sebagainya.

Sehingga, kehadiran dua battle spell ini agaknya bisa membuat peperangan antar dua tim lebih intens dan kompleks dibanding hanya menggunakan satu battle spell.

Ada pula satu alat tambahan berupa tongkat kecil bernama ward di Wild RiftWard bisa diletakkan di seluruh penjuru map untuk mengintai pergerakan musuh.

Setelah dipakai, ward ini akan tersedia kembali (cooldown) selama 90 detik. Mobile Legends  tidak memiliki sistem ward, sehingga mereka yang beralih ke Wild Rift kemungkinan harus beradaptasi dengan sistem pengintaian ini.

Beda monster jungle dan boss

Selain karakter hero, beragam monster yang tersebar di penjuru map juga ikut berbeda. Di Wild Rift, pemain disodori dengan beragam monster, yang jika dikalahkan bakal memberikan kekuatan tambahan (buff), baik itu bagi individu maupun tim.

Monster bernama Rift Scuttlers, misalnya, memberikan kemampuan memantau gerak-gerik musuh di sungai. Kemudian ada Red Brambleback yang biasanya memberikan buff untuk Champion tipe fisik dan Blue Sentinel untuk Champion tipe magis.

Mobile Legends sendiri punya Statued Shocker untuk memberikan buff kepada Heroes tipe magis, sedangkan Core Guard untuk tipe fisik. Namun, game ini tidak memiliki monster sejenis Rift Scuttlers.

Untuk musuh besarnya, alias monster boss, kedua game menawarkan monster yang sekilas nyaris sama.

Di Mobile Legends, contohnya, pemain bakal bisa membantai monster bernama Lord yang, apabila dikalahkan, bisa dipanggil untuk membantu mereka menghancurkan markas dan menara (tower) musuh.

Ilustrasi Rift Herald (atas) di Wild Rift dan Lord (bawah) di Mobile Legends.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Rift Herald (atas) di Wild Rift dan Lord (bawah) di Mobile Legends.

Sedangkan di Wild Rift, ada monster serupa Lord bernama Rift Herald yang memiliki tugas yang sama. Hanya saja, Rift Herald ini bakal digantikan dengan monster yang lebih kuat bernama Baron Nashor ketika permainan sudah berjalan selama 10 menit.

Alih-alih membantu pemain menghancurkan markas, Baron bisa memberikan buff tambahan kepada tim yang mengalahkannya, seperti penambahan tingkat serangan (attack), pengurangan waktu untuk kembali ke markas (recall), dan lain sebagainya.

Selain itu, pasukan kecil (minion) untuk tim yang mengalahkan Baron juga akan bertambah kuat.

Di samping Rift Herald dan Baron, pemain Wild Rift juga bisa mengalahkan monster bernama Elemental Drake yang bakal memberikan buff permanen, berikut ekstra experience dan gold.

Di Mobile Legends sendiri, monster semacam itu bernama Turtle, yang bakal digantikan dengan Lord ketika permainan telah berjalan selama 6 menit.

Meramaikan persaingan

Kehadiran Wild Rift semakin meramaikan persaingan game MOBA yang sudah ada di Indonesia. Mekanisme permainannya memang sedikit berbeda dibanding Mobile Legends, tapi secara garis besar masih mirip sehingga akan langsung terasa familiar untuk pemain MOBA.

Untuk sekarang, karena masih berstatus closed beta, ketersediaan Wild Rift sendiri masih bersifat terbatas untuk pengguna smartphone Android saja. Perangkat iOS akan menyusul mendapatkannya belakangan.

Pemain iOS yang ingin menjajalnya bisa mendaftarkan alamat e-mail mereka di tautan berikut. Sementara, pengguna Android yang masih belum bisa mengunduh Wild Rift bisa mendaftar untuk mendapat akses di laman Google Play Store di tautan berikut.

Adapun Mobile Legends sudah bisa diunduh oleh semua pengguna Android di Play Store, dan oleh pengguna iOS di App Store. 

#Samasama #Game #MOBA #Ini #Bedanya #Wild #Rift #dan #Mobile #Legends

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts