Peringatan Maulid Nabi, Jokowi Ingatkan Kepedulian Sosial di Masa Pandemi

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat untuk tetap saling membantu dan menguatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Read More

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat nasional yang digelar pada Kamis (29/10/2020) malam.

Menurut Jokowi, penting bagi masyarakat mengambil contoh dari sikap teladan Nabi Muhammad SAW yang selalu peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Beliau diutus sebagai suri teladan. Salah satu akhlak beliau adalah peduli kepada lingkungan sekitar,” ujar Jokowi dalam sambutan secara daring yang disiarkan di laman YouTube resmi Sekretariat Presiden, Kamis malam.

“Semangat kepedulian kepada sesama sebagaimana dicontohkan dan diperintahkan beliau harus dijadikan semangat kita sebagai bangsa di masa pandemi seperti saat ini,” tuturnya.

Jokowi mengingatkan, pandemi tak bisa dihadapi secara perorangan maupun hanya dihadapi sendiri oleh negara.

Namun, diperlukan usaha bersama baik dari masyarakat, pemerintah, maupun elemen lain.

Dia mencontohkan, selama pandemi berlangsung, masyarakat saling menbantu sesama secara mandiri.

“Kita bersyukur sebab selama hampir delapan bulan pandemi, kita menyaksikan bagaimana masyarakat dengan tulus saling bantu,” kata dia.

“Masyarakat ikhlas membagikan sebagian rezekinya untuk meringankan beban saudaranya yang kesusahan,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi pun mengingatkan kisah hidup Nabi Muhammad yang terlahir sebagai anak yatim. Meski demikian, kehidupannya senantiasa dipenuhi kasih sayang dan rezeki dari Allah.

Berkaca dari hal itu, Jokowi mengajak masyarakat agar menyadari bagaimanapun beratnya ujian saat pandemi ini, selalu akan ada jalan keluar.

“Saya mengajak semua berdoa memohon agar bangsa kita segera pulih dan bangkit dari pandemi Covid-19,” ujar Jokowi.

#Peringatan #Maulid #Nabi #Jokowi #Ingatkan #Kepedulian #Sosial #Masa #Pandemi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts