YouTuber Bagikan Kesan Saat Membuka Kardus PlayStation 5

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sony bakal meluncurkan konsol next gen terbarunya, PlayStation 5 ( PS5) dalam waktu kurang dari dua pekan. Konsol ini akan dirilis secara perdana di AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan pada 12 November.

Read More

Selang satu pekan setelahnya, tepatnya pada 19 November mendatang, baru PlayStation 5 akan meluncur secara global.

Meski belum dirilis secara resmi, namun beberapa konten kreator berkesempatan untuk bisa menjajal konsol next-gen ini lebih awal.

Salah satu di antaranya adalah YouTuber kenamaan, Brownlee Brownlee. Melalui kanal YouTube pribadinya, Brownlee mengunggah video buka kardus alias unboxing konsol PS5 Standard Edition.

Brownlee mengawali video dengan membuka kotak kemasan konsol yang didominasi dengan warna putih. Dimensi kardus PS5 terlihat besar jika melihat perbandingannya dengan ukuran badan Brownlee.

Desain kardus juga terlihat berbeda dengan box PS4 sebelumnya, yang hampir seluruhnya dibalut dengan warna biru laut.

Pada bagian depan kemasan, terdapat gambar konsol PS5 yang diposisikan dalam keadaan berdiri, serta gambar controller DualSense. Di sampingnya, terdapat tulisan “PS5”.

Masih pada bagian yang sama, Sony turut meletakan teks berisi keterangan resolusi konsol, yang dapat mendukung hingga tampilan berkualitas 8K.

Beralih ke bagian belakang, tertera informasi singkat mengenai kapasitas penyimpanan konsol yang mencapai 825 GB. Informasi tersebut dapat ditemukan pada sisi bagian atas kanan box.

Setelah memamerkan desain kotak kemasan, Brownlee mulai melakukan sesi unboxing. Di dalam isi box, Brownlee mendapati satu buah unit konsol PS5 beserta beberapa aksesori yang terdiri kabel power, buku petunjuk, satu buah DualSense, kabel HDMI, dan penopang khusus.

Penopang bermanfaat untuk menyanggah konsol apabila pengguna ingin meletakan konsol dalam keadaan miring (horizontal).

Desain

Youtube/Marques Brownlee Bodi PS5 yang terlihat bongsor ketika disandingkan dengan Xbox Series X dan Xbox Series S

Kesan pertama yang disampaikan Brownlee pada saat melihat PS5 secara langsung adalah besarnya ukuran bodi konsol yang bongsor.

Ketika dibandingkan dengan PS4 Pro dan Xbox Series X, PS5 memiliki ukuran bodi yang lebih besar dan lebih lebar. Brownlee turut menyebut bahwa konsol next-gen besutan Sony ini dinilai memiliki bobot paling berat di antara ketiganya.

Dari segi desain, bagian luar bodi PS5 dibalut cangkang dengan tekstur matte finish berwarna putih. Sementara bagian dalamnya didominasi dengan warna hitam, yang terlihat berkilau jika terkena pantulan cahaya.

Apabila diperhatikan dengan seksama, pengguna akan mendapati simbol berukuran mini berbentuk lingkaran, persegi, segitiga, dan X. Simbol-simbol ini diemboss pada cangkang bagian dalam PS5, sehingga menghasilkan tekstur yang timbul apabila diraba dengan tangan.

Bagian depan konsol dilengkapi dengan satu port USB dan port USB Type-C yang bersisian dengan tombol Eject dan Power. Kemudian ada pula slot/drive cakram optik untuk memasukkan cakram Blu-ray fisik, mengingat ini adalah konsol PS5 Standard Edition.

Sony meletakkan sistem pembuangan udara di bagian belakang, beserta beberapa macam port yang terdiri dari port LAN, port power, port HDMI, dan dua port USB.

Brownlee turut menunjukan wujud nyata DualSense, controller khusus milik PS5. Ia berpendapat bahwa controller ini mengusung desain yang lebih mewah dan lebih ringan dibanding DualShock PS4.

Bodi DualSense dibalut lapisan warna putih serta didesain menggunakan teknik embosse, serupa dengan desain cangkang konsol. DualSense memiliki port USB Type-C di bagian belakang, dan jack audio 3,5 mm di bagian depan.

Controller ini hadir dengan mikrofon bawaan, sehingga pemain tak perlu repot-repot menggunakan headset untuk melakukan obrolan singkat dengan gamer lain.

Aksesori PS5

Deretan aksesori PS5Press Start Australia Deretan aksesori PS5

Selain mengungkap isi kemasan konsol PS5, Brownlee turut menunjukan deretan aksesoris tambahan pendamping konsol PlayStation 5. Beberapa di antaranya adalah DualSense charging station, Pulse 3D Wireless Headset, dan HD camera.

1. DualSense charging station

Perangkat ini merupakan modul pengisian daya atau charging dock untuk melakukan mengisi daya baterai milik controller DualSense PS5.

Secara garis besar, DualSense charging station memiliki cara kerja yang serupa dengan dock Nintendo Switch. Pemain hanya perlu menaruh controller pada dock yang tersedia untuk melakukan pengisian daya.

Modul pengisian ini mampu menampung dan mengisi daya pada dua kontroler DualSense di waktu yang bersamaan.

2. Pulse 3D Wireless Headset

Dari segi penampilan, headset ini memiliki material berbahan plastik. Bagian atas headset turut dibekali dengan penyanggah berbahan karet, yang dinilai nyaman ketika diletakkan di kepala.

Seperti namanya, headset yang satu ini sudah mendukung konektivitas nirkabel (wireless). Fitur utama yang hadir pada headset ini ialah dukungan 3D audio support, di mana suara yang disajikan oleh headset akan terdengar lebih nyata.

Tak hanya itu, headset tersebut juga dilengkapi dengan mikrofon yang sudah mendukung fitur dual noise-canceling, yang mampu meredam suara bising di sekitar, sekaligus memastikan suara pemain dapat terdengar dengan jelas.

Terdapat port USB Type-C, jack audio 3,5 mm, tombol mute, tombol power, dan sliding indicator yang dapat ditemukan di sisi kiri headphone.

Ada pula USB dongle untuk menghubungkan headphone secara wireless ke konsol. Daya tahan baterai Headphone ini diklaim hingga 12 jam dalam pemakaian normal.

3. HD Camera

Terakhir, Brownlee turut menunjukkan aksesori HD Camera. Perangkat ini telah dibekali dengan lensa ganda beresolusi 1080p.

Brownlee tidak menjelaskan secara rinci performa dari kamera ini, namun hadirnya aksesori tersebut diklaim dapat membantu para streamer game yang aktif membagikan gameplay mereka lewat kanal YouTube ataupun Twitch.

#YouTuber #Bagikan #Kesan #Saat #Membuka #Kardus #PlayStation

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts