Pencarian Bocah Hanyut di Saluran Air Komplek Polri Pondok Karya Dihentikan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pencarian bocah bernama Rizki Febriansyah (5) yang diduga hanyut di Kali Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta dihentikan pada Minggu (1/11/2020) sekitar pukul 19.30 WIB.

Pencarian akan dilanjutkan pada Senin (2/11/2020) pagi dengan bantuan Tim SAR Jakarta.

“Kenapa dihentikan karena sudah larut malam sehingga dikhawatirkan bahaya untuk anggota dan keterbatasan alat yang ada,” kata Komandan Pleton Sektor 3 Mampang Prapatan Grup A Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan, Sudrajat saat ditemui di lokasi pencarian, Minggu (1/11/2020) malam.

Pencarian korban di Kali Mampang akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu karet.

Penggunaan perahu karet nanti akan digunakan untuk menyusuri Kali Mampang.

“Kalau tim SAR udah turun untuk membantu selanjutnya bisa susur perahu pakai perahu karet,” ujar Sudrajat.

Sudrajat mengatakan, anggota Sektor 3 Mampang Prapatan bersama anggota Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Mampang Prapatan telah menyusuri gorong-gorong PHB Pondok Karya hingga pintu air Kali Mampang.

Sejumlah masuk ke saluran air menggunakan senter.

Adapun lebar saluran air berkisar setengah meter dan sedalam sekitar satu meter.

Dari lokasi awal hanyut hingga pintu air Kali Mampang berjarak sekitar 300 meter. Kondisi air terpantau deras.

“Ini jeda waktu hanyutnya sudah lama. Saya cek di pintu Kali Mampang itu cukup deras airnya. Kemungkinan itu lolos dari pintu air Kali Mampang,” ujar Sudrajat.

Diberitakan sebelumnya, Rizki tenggelam di saluran penghubung air (PHB) Komplek Polri Pondok Karya, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta pada Minggu (1/11/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

Rizki awalnya sedang bermain-main bersama teman-teman di sekitar PHB Pondok Karya dekat Sekrerariat RW 04. Saat itu, saluran air tertutup genangan setinggi 20-25 centimeter.

“Kurang lebih bermain bersama 8-10 anak termasuk si kecil ini yang umurnya 5 tahun ini bernama Rizki Febriansyah,” kata petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Kecamatan Mampang Prapatan, Haryanti (42) saat ditemui di lokasi.

Rizki merupakan warga RT 04/RW 013. Yanti mengatakan, dari keterangan ibu korban, Rizki awalnya sedang bermain di depan rumah.

“Tak lama kemudian, dia (Rizki) bergabung dengan teman-teman yang lain (di dekat saluran air),” kata Yanti.

Yanti mengatakan, sebelum Rizki hanyut wilayah Pondok Karya diguyur hujan deras. Saluran air menurutnya tak terlihat karena sudah tergenang air.

“Pada saat kejadian arus (air di saluran) sedang deras. Genangan saat itu setinggi 20-25 cm. Saluran sedang tertutup air. Ga keliatan. Kondisi saat hanyut, hujan rintik-rintik,” ujar Yanti.

Hingga pukul 21.30 WIB, korban belum ditemukan.

#Pencarian #Bocah #Hanyut #Saluran #Air #Komplek #Polri #Pondok #Karya #Dihentikan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts