Survei APPI: Wanita Lebih Aktif Berbelanja Selama Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua FKD (Forum Komunikasi Daerah) Makassar Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Ilham Syam mengatakan, golongan wanita paling banyak melakukan transaksi belanja secara daring maupun konvensional selama pandemi Covid-19 di Indonesia.

Namun, tidak dijelaskan rentang waktu survei yang mereka lakukan.

Hal ini terlihat dari survei APPI mengenai jumlah transaksi belanja. Rata-rata transaksi pembelian banyak dilakukan secara online.

“Yang menggunakan kartu kredit ada 2,4 persen, yang melakukan pembelian secara online ada 11 persen. Untuk transaksi pembelian paling banyak wanita 13 persen dan pria 9,4 persen,” kata Ilham secara daring, Rahu (4/11/2020).

Ilham menambahkan, transaksi yang banyak dibelanjakan merupakan kategori fesyen selama pandemi Covid-19 ini.

Disusul pembelian elektronik, makanan, mebel, dan mainan atau hobi.

“Kemudian jumlah yang dihabiskan atau pengeluaran secara komersial berdasarkan kategori ini, kebanyakan fesyen Rp 4,9 miliar, elektronik Rp 4,7 miliar, makanan dan perawatan pribadi Rp 3,17 miliar, furnitur Rp 2,91 miliar, mainan atau hobi Rp 3,16 miliar, akomodasi atau perjalanan Rp 13,0 miliar, kemudian game itu Rp 937 juta,” papar dia.

Sementara, transaksi pembelian untuk kategori olahraga, lanjut Ilham, juga masih diminati oleh para konsumen.

Begitu pula, konsumen yang menggelontorkan uangnya untuk ke supermarket juga cukup banyak.

“Ada transaksi yang berdampak terhadap ekonomi, yang paling cukup signifikan adalah peralatan olahraga kurang lebih 83,4 persen. Transaksi ke supermarket itu 66,8 persen, yang paling minus itu di tourism karena dampak dari pandemi Covid-19,” ucap Bintang.

#Survei #APPI #Wanita #Lebih #Aktif #Berbelanja #Selama #Pandemi #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts