[HOAKS] Surat Palsu Program DAK Catut Kementerian Kelautan dan Perikanan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Beredar surat palsu program Dana Alokasi Khusus Bantuan Sarana Prasarana Perikanan Tahun Anggaran 2020 mengatasnamakan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Surat pengesahan tersebut ditujukan ke sejumlah kelompok usaha bersama (KUB) nelayan, seperti KUB Sejahtera dan KUB Nelayan Pasar Minggu.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengumumkan beredarnya surat palsu itu di akun Instagram kkpgoid dan akun Facebook Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Selasa (4/11/2020).

Surat palsu itu menyebut bahwa KKP telah mengesahkan dan akan merealisasikan alokasi dana alokasi khusus (DAK) TA 2020 kepada KUB Bahtera Laut di TPI Bagan Deli, Medan Belawan, Sumatera Utara.

Jumlah bantuan yang digelontorkan sebesar Rp 250 juta. Pihak kelompok perikanan terpilih diminta untuk menindaklanjuti surat pengesahan ke Kasie Subdit Sarpras atas nama Haryono di nomor telepon 0823 2227 7580.

Surat disahkan di Jakarta pada 7 Oktober 2020 dan ditandatangani Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara KPPN Jakarta IV, Muhammad Kasmin.

Menanggapi kemunculan surat pengesahan itu, KKP mengedarkan surat klarifikasi tertanggal 3 November 2020 yang ditujukan kepada seluruh kepala Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam surat itu, KKP menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan surat pengesahan program DAK Bantuan Sarana Prasarana Perikanan Tahun Anggaran 2020 tertanggal 7 Oktober 2020.

“Untuk melindungi kelompok pembudidaya ikan di wilayah saudara, kami harap kepada saudara agar waspada terhadap segala bentuk penipuan oleh oknum tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya serta segera melaporkan kepada aparat penegak hukum,” tulis KKP.

KKP minta agar selalu waspada dan segera melapor ke aparat berwajib bila menemui kejanggalan.


#HOAKS #Surat #Palsu #Program #DAK #Catut #Kementerian #Kelautan #dan #Perikanan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts