Outbreak Covid-19, 30 Kasus di Tim Kasta Tertinggi Liga Portugal

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sebanyak 30 kasus positif Covid-19 ditemukan di tim kasta teratas Liga Portugal, Moreirense FC.

Read More

Angka itu merupakan hasil dari tes Covid-19 yang dijalani oleh seluruh anggota tim Moreirense FC, Senin (2/11/2020).

Ledakan kasus Covid-19 atau outbreak yang menimpa Moreirense FC kali ini tersebar tidak hanya ke karyawan atau staff melainkan juga pemain.

Beberapan pemain Moreirense FC yang dikabarkan terjangkit virus corona adalah Miguel Oliveira, Kewin, Nuno Costa, Matheus Silva, Galician, dan Derik Lacerda.

Menurut laporan salah satu media Portugal, Tribuna Expresso, Moreirense FC sudah melaporkan outbreak ini ke Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) dan operator kompetisi.

Laporan itu berkaitan dengan laga Moreirense FC vs Pacos de Ferreira yang merupakan bagian dari pekan ketujuh Liga Portugal.

Moreirense FC dikabarkan sudah meminta organisasi terkait untuk menunda laga yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (7/11/2020) itu.

Namun, status laga tersebut masih sesuai jadwal dengan Pacos de Ferreira disebut tetap ingin bermain.

Sebagai langkah terakhir, Moreirense FC ‘meminta pertolongan’ kepada Direktorat Jenderal Kesehatan Portugal (DGS) untuk mendesak FPF dan operator liga menunda laga melawan Pacos de Ferreira.

“Moreirense FC saat ini sedang menghadapi wabah virus corona yang hebat. Virus itu telah menginfeksi 21 pemain hingga presiden Dewan Direksi klub,” bunyi pernyataan resmi klub.

“Fakta ini membuat Moreirense FC telah meminta FPF untuk menetapkan force majeure dan menunda pertandingan karena akan membahayakan kaselamatan dan keamanan publik,” bunyi pernyataan resmi klub.

“Hingga Kamis (5/11/2020), Pacos de Ferreira memutuskan untuk tetap bermain pada laga akhir pekan ini. Padahal, kedua tim bermarkas di area yang paling terdampak pandemi. Ini adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab,” bunyi pernyataan resmi klub.

“Jika FPF dan operator liga tetap menyelenggarakan kompetisi, Direktorat Jenderal Kesehatan harus mengambil tindakan pencegahan yang dianggap tepat,” bunyi pernyataan resmi klub.

Dikutip dari situs Tribuna Expresso, saat ini hanya ada dua pemain Moreirense FC yang sehat dan siap bermain.

Hal itu tidak lepas dari fakta bahwa Moreirense FC adalah klub yang hanya memiliki skuad senior tanpa tim B atau U23.

Selain 21 pemain yang dikabarkan positif Covid-19, terdapat enam nama lain yang saat ini sedang dirawat karena cedera.

Pada akhir pernyataan resmi, Moreirense FC mengecam FPF dan operator liga jika pada akhirnya tetap melanjutkan kompetisi dan tidak menunda laga melawan Pacos de Ferreira.

“Moreirense FC tidak percaya FPF dan operator liga ingin tetap melanjutkan kompetisi ketika tim sedang menghadapi ledakan kasus Covid-19,” bunyi pernyataan resmi klub.

“Jika terus dilanjutkan, integritas FPF dan operator liga akan tercoreng karena telah merusak nilai kompetisi dan juga kesehatan publik,” bunyi pernyataan resmi klub.

Moreirense FC saat ini menempati peringkat sembilan klasemen Liga Portugal dengan koleksi delapan poin dari enam laga.

Moreirense FC berada tepat di bawah Pacos de Ferreira karena kalah agresivitas gol.

Setelah terjadi ledakan kasus Covid-19 awal pekan ini, Moreirense FC telah meliburkan pemain dan menutup stadion hingga fasilitas latihan.

#Outbreak #Covid19 #Kasus #Tim #Kasta #Tertinggi #Liga #Portugal

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts