Hasil Dortmund vs FC Bayern, 5 Gol Tercipta di Der Klassiker Dramatis

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Laga Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen berlangsung dramatis dengan kedua tim bertukar gol hingga fase akhir babak kedua.

Read More

Pertandingan Dortmund vs Bayern pada Minggu (8/11/2020) tersebut merupakan partai terbesar di Bundesliga dan keseruan laga menggambarkan rivalitas sengit antara kedua kubu.

Pada akhirnya, FC Bayern sang juara bertahan berhasil menang 3-2 atas rival besar mereka di Bundesliga tersebut.

Dortmund membuka dan menutup skor lewat Marco Reus (45′) dan Erling Haaland (83′).

Sementara, FC Bayern mencetak tiga gol di antara dua gol tersebut lewat David Alaba (45’+3), Robert Lewandowski (48′), dan Leroy Sane (80′).

Robert Lewandowski sebenarnya mencetak gol lebih dulu bagi FC Bayern pada menit ke-24.

Ia memanfaatkan umpan silang dari Serge Gnabry dan sliding masuk bola dari jarak dekat.

Akan tetapi, VAR menganulir gol tersebut karena Lewandowski sudah berada di offside.

Pertandingan lalu mulai panas dengan Bayern melancarkan serangan bertubi, salah satunya lewat usaha-usaha dari kaki Leon Goretzka dan tandukan Kingsley Coman yang masih bisa diselamatkan oleh Roman Burki.

Joshua Kimmich lalu mendapat kartu kuning setelah ia melanggar Erling Haaland, yang bisa berlari bebas ke arah gawang Bayern, di tengah lapangan.

Namun, ia cedera saat melakukan pelanggaran tersebut dan harus ditarik keluar.

Gol pertama laga datang dari kaki Marco Reus yang menaklukkan Manuel Neuer dari jarak 12 yard setelah mendapat umpan dari Raphael Guerreiro (45′).

Harapan Bayern untuk turun minum dengan keunggulan 1-0 harus sirna setelah David Alaba menyamakan skor dari tembakan bebas cerdik yang melibatkan Lewandowski, Serge Gbnabry, dan Thomas Mueller.

Kedua tim turun minum dengan keadaan sama kuat 1-1.

Baru tiga menit babak kedua berjalan, Robert Lewandowski membobol gawang Burki setelah menanduk bola memanfaatkan umpan Lucas Hernandez.

Gol ini sekaligus memperpanjang rentetan mencetak golnya menjadi 10 pertandingan Bundesliga terakhir di mana ia menjadi starter.

Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak di Der Klassiker (1 bagi Dortmund, 17 bagi Bayern) yang bergulir di ajang Bundesliga.

Kingsley Coman sempat hampir membawa Bayern unggul. Namun, tembakan jarak jauhnya masih bisa ditepis Burki.

Pertandingan berlangsung ketat dengan Dortmund tampak lebih unggul di atas lapangan.

Penampilan gelandang muda Gio Reyna sangat impresif dan Thorgan Hazard juga langsung mendapat peluang begitu ia masuk pada menit ke-69.

Sempat sengit, kedua kubu lalu bertukar gol pada menit 10 menit akhir.

Pada menit ke-80, Bayern membuat keunggulan menjadi 3-1 lewat tembakan Leroy Sane yang memotong ke dalam usai mendapat umpan Lewandowski.

Ini merupakan gol pertama Leroy Sane di laga Der Klassiker.

Namun, Dortmund membalas tiga menit kemudian dengan Erling Haaland mengontrol bola hasil umpan lambung Raphael Guerreiro dan memutari Manuel Neuer sebelum menaklukkan kiper gaek tersebut.

Ia kini telah mencetak 19 gol dari 21 laga pertamanya di Bundesliga, menyamai catatan legenda Dortmund, Timo Konietzka.

Robert Lewandowski sebenarnya bisa menceploskan satu gol lagi pada injury time yang membuat laga jadi 4-2.

Akan tetapi, ia dianggap sudah berada di posisi offside terlebih dulu.

Skor 3-2 pun menjadi hasil akhir laga dan Bayern berhak mengambil puncak Bundesliga.

Borussia Dortmund 2-3 Bayern Muenchen (Marco Reus 45′, Erling Haaland 83′; David Alaba 45+4′, Robert Lewandowski 48′, Leroy Sane 80′)

Borussia Dortmund (4-2-3-1): 1-Roman Buerki; 13-Raphael Guerreiro, 15-Mats Hummels, 16-Manuel Akanji, 24-Thomas Meunier; 6-Thomas Delaney (22-Jude Bellingham 60′), 28-Axel Witsel; 7-Jadon Sancho (10-Thorgan Hazard 69′), 11-Marco Reus, 32-Giovanni Reyna (19-Julian Brandt 69′); 9-Erling Braut Haaland.

Pelatih: Lucien Favre

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 17-Jerome Boateng (8-Javi Martinez 69′), 20-Bouna Sarr, 21-Lucas Hernandez, 27-David Alaba; 6-Joshua Kimmich (24-Corentin Tolisso 36′), 18-Leon Goretzka; 7-Serge Gnabry, 25-Thomas Mueller, 29-Kingsley Coman (10-Leroy Sane 69′); 9-Robert Lewandowski.

Pelatih: Hansi Flick

Wasit: Manuel Graefe


#Hasil #Dortmund #Bayern #Gol #Tercipta #Der #Klassiker #Dramatis

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts