Review Oppo Reno4 F, Ponsel Ramping Berkamera Mumpuni

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Oppo Reno4 F resmi diboyong ke Indonesia pada Oktober lalu. Ponsel yang dijual dengan harga Rp 4,3 juta ini merupakan pelengkap dari Reno4 dan Reno4 Pro yang sudah meluncur lebih dulu di Tanah Air.

Read More

Dibanding dua “saudaranya”, Reno4 F memiliki keunggulan di sisi desain, di mana ketebalan ponsel ini hanya 7,5 mm sehingga diklaim sama tipisnya dengan sebuah pulpen. Oppo Reno4 dan Reno4 Pro sedikit lebih tebal, yakni 7,7 mm.

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk menggunakan ponsel ramping teranyar dari Oppo ini selama lebih kurang satu bulan dengan menjadikannya sebagai daily driver.

Reno4 F dipakai untuk berbagai penggunaan, seperti mengakses beragam media sosial, menjalankan banyak aplikasi, memotret, bermain game, dll. Simak ulasannya berikut ini.

Layar lega, nyaman digenggam

Ponsel Reno series teranyar ini mengandalkan panel layar berjenis Super AMOLED dengan diagonal 6,43 inci (resolusi Full HD Plus) dan pemindai sidik jari terintegrasi (in-display fingerprint scanner).

Tampilan depan Oppo Reno4 F. Sama seperti F17 Pro, ponsel ini mengusung layar bezel-less bermateri Super AMOLED dengan diagonal 6,43 inci dan resolusi Full HD Plus (rasio layar 20:9). 

Ketika dipakai, layar ponsel ini terbilang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film hingga bermain game. Di bawah sinar terik matahari, konten yang ditampilkan di layar ponsel juga masih bisa dilihat dengan jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan depan Oppo Reno4 F. Sama seperti F17 Pro, ponsel ini mengusung layar bezel-less bermateri Super AMOLED dengan diagonal 6,43 inci dan resolusi Full HD Plus (rasio layar 20:9).

Ketika dipakai, layar ponsel ini terbilang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film hingga bermain game. Di bawah sinar terik matahari, konten yang ditampilkan di layar ponsel juga masih bisa dilihat dengan jelas.

Sama seperti ponsel kekinian, bezel di sekeliling perangkat ini tipis dengan rasio screen-to-body diklaim mencapai 90,7. Layarnya pun terkesan besar dan lega.

Ketika dipakai, layar ponsel ini terbilang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film hingga bermain game. Di bawah sinar terik matahari, konten yang ditampilkan di layar ponsel juga masih bisa dilihat dengan jelas.

Ponsel ini pun nyaman dibawa kemana-mana dan dipakai berlama-lama karena terbilang cukup ringan dengan bobot 164 gram.

Beralih ke bagian belakang, Oppo merancang Reno4 F menggunakan cangkang berbahan polikarbonat yang terkesan seperti logam lantaran memantulkan cahaya ketika dilihat dari berbagai sisi.

Tampilan punggung Oppo Reno4 F yang bisa berubah warna. Cangkangnya, meski berbahan dasar polikarbonat, masih terkesan mewah lantaran mampu memantulkan cahaya ketika dilihat dari berbagai sisi.

Ponsel ini sendiri hadir dalam dua varian warna, yakni Matte Black dan Metallic White. Varian yang kami jajal, yakni Matte Black, sebenarnya bukan berwarna hitam, melainkan biru dongker yang dipadukan dengan gradasi warna biru metalik.

Karena masih mengusung warna bernuansa metalik, tak aneh apabila cangkang Reno4 F tidak ramah dengan bekas sidik jari. Namun, permukaan punggung tidak terlampau licin, sehingga masih nyaman untuk dipakai berlama-lama, kecuali tangan berkeringat.  KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan punggung Oppo Reno4 F yang bisa berubah warna. Cangkangnya, meski berbahan dasar polikarbonat, masih terkesan mewah lantaran mampu memantulkan cahaya ketika dilihat dari berbagai sisi.

Ponsel ini sendiri hadir dalam dua varian warna, yakni Matte Black dan Metallic White. Varian yang kami jajal, yakni Matte Black, sebenarnya bukan berwarna hitam, melainkan biru dongker yang dipadukan dengan gradasi warna biru metalik.

Karena masih mengusung warna bernuansa metalik, tak aneh apabila cangkang Reno4 F tidak ramah dengan bekas sidik jari. Namun, permukaan punggung tidak terlampau licin, sehingga masih nyaman untuk dipakai berlama-lama, kecuali tangan berkeringat.

Reno4 F hadir dalam dua varian warna, yakni Matte Black dan Metallic White. Varian yang kami jajal, yakni Matte Black, sebenarnya bukan berwarna hitam, melainkan biru gelap yang dipadukan dengan gradasi warna biru metalik.

Ketika digenggam, sidik jari ternyata masih bisa membekas di punggung Reno4 F. Namun, permukaan cangkang tidak terlampau licin sehingga masih nyaman untuk dipakai, kecuali tangan berkeringat.

Foto selfie terang

Selain nyaman digenggam, kamera Reno4 F juga terbilang cukup mampu diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Apabila dilihat dari bagian depan, bisa dilihat ada lubang mini dual punch hole yang memuat dua kamera, terdiri dari kamera utama 16 MP (f/2.4) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Disebut “mini” karena diameter lubang ini ukurannya 3,7 mm.

Kamera depan 16 MP (f/2.4) bisa menghasilkan foto selfie yang cukup bagus, dengan tingkat warna dan detail yang tajam.

KOMPAS.com/Bill Clinten Deretan hasil foto portrait kamera selfie Oppo Reno4.

Kamera depan ponsel ini juga mampu dipakai untuk berswafoto di kondisi minim cahaya dengan fitur AI Super Night Portrait. Sehingga, foto yang dihasilkan bakal tetap terang meski kondisi di sekitar gelap.

Selain itu, dibantu dengan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), Reno4 F mampu menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang cukup rapi, begitu juga efek AI Color Portrait yang mampu menyulap warna latar belakang obyek menjadi monokrom.

Kamera belakang mumpuni

Di samping kamera depan, kamera belakang ponsel ini, berikut fiturnya, juga tak kalah mumpuni.

Di punggungnya, terdapat empat buah kamera yang termuat di dalam modul berbentuk persegi, terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan dua kamera mono yang masing-masing beresolusi 2 MP (f/2.4).

Ketika memotret dalam mode normal, baik dalam kondisi pencahayaan cukup maupun low-light, kamera utama 48 MP (f/1.8) di ponsel ini mampu menangkap objek dengan jelas. Warna yang dihasilkan cenderung punchy.

Deretan hasil foto kamera utama 48 MP di Oppo Reno4 F di berbagai kondisi.KOMPAS.com/Bill Clinten Deretan hasil foto kamera utama 48 MP di Oppo Reno4 F di berbagai kondisi.

Pada malam hari, Anda bisa menjepret menggunakan fitur Ultra Dark Mode yang bisa dipilih di deretan menu pada aplikasi kamera.

Anda juga bisa memakai mode 48 MP untuk menghasilkan foto beresolusi penuh (tanpa penggabungan pixel binning), sehingga detail kecil di dalam foto bisa dilihat dengan lebih jelas.

Adapun kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) di ponsel ini terbilang cukup untuk menjepret aneka foto pemandangan dengan bidang pandang yang lebih luas (hingga 120 derajat) dibanding kamera utama.

Hasil foto kamera normal 48 MP dan kamera ulrawide 8 MP di Oppo Reno4 F.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera normal 48 MP dan kamera ulrawide 8 MP di Oppo Reno4 F.

Selain dua kamera tadi, kamera mono yang masing-masing beresolusi 2 MP (f/2.4) juga memiliki fungsi yang cukup unik.

Di antaranya untuk memotret subyek manusia dengan fitur AI Night Flare Portrait, AI Color Portrait, efek bokeh, dan beragam efek foto portrait lainnya.

Ketika dijajal, fitur ini pun berfungsi sebagaimana mestinya. AI Color Portrait, misalnya, mampu memisahkan latar belakang dan subyek manusia dengan akurat. Hasil yang sama juga diperoleh saat malam hari.

Fitur kamera portrait di Oppo Reno4 F. KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur kamera portrait di Oppo Reno4 F.

Untuk merekam video, Reno4 F mendukung fitur penstabil video Ultra Steady Video dan perekaman video bokeh di kamera depan dan belakang, serta perekaman video 4K dengan frame rate 30 fps dan gerak lambat (slow motion) untuk kamera belakang. 

Fitur video di ponsel ini bisa dibilang memadai bagi Anda yang sering merekam video atau vlog untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Main game setting menengah

Beralih ke aspek performa, Oppo Reno4 F ditenagai dengan chip Mediatek Helio P95 berkecepatan 2,2 GHz, dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Sistem operasinya adalah Android 10 yang dipoles tampilan antarmuka ColorOS 7.2.

Dengan kombinasi “jeroan” dan software tersebut ponsel ini mampu menjalankan game populer yang tengah ramai dimainkan, yakni Genshin Impact.

Meski demikian, Reno4F hanya bisa menjalankan game ini di pengaturan grafis “Terendah”, dengan syarat opsi “Resolusi Render” diubah menjadi “Menengah”. 

Sebab, apabila pengaturan render tidak diganti, dan mengikuti pengaturan keseluruhan, alias “Terendah”, maka beberapa obyek visual di dalam game akan hilang dan tidak nampak, sebagaimana bisa dilihat di gambar berikut.

Tampilan bermain Genshin Impact di Oppo Reno4 F.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan bermain Genshin Impact di Oppo Reno4 F.

Game populer lainnya seperti Mobile Legends: Bang-Bang, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, hingga League of Legends: Wild Rift bisa dimainkan dengan lancar tanpa hambatan, dengan pengaturan grafis rendah hingga menengah.

Untuk kinerja multitasking, penggunaan media sosial, dan aplikasi yang tergolong bukan game, Oppo Reno4 F bisa dibilang mampu untuk menjalankan semua tugas dengan lancar.

Ketika membuka banyak aplikasi secara bersamaan, seperti aneka Facebook, Instagram, TikTok, pemutar lagu, Youtube, peramban Chrome, dan beberapa aplikasi lainnya, ponsel masih bisa berjalan tanpa tersendat. Proses perpindahan antar aplikasi juga terasa gesit.

Baterai kuat seharian

Oppo Reno4 F dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterai sebesar ini bisa dibilang cukup untuk menemani aktivitas Anda seharian, dari pagi hingga malam.

Biasanya, dengan penggunaan standar seperti membuka peramban, media sosial, bermain game sekitar 1 – 2 jam, serta menggunakan aplikasi kamera, baterai Reno4 F masih tersisa belasan persen sebelum di-charge di akhir hari.

Daya tahan ini tentu tergantung pola pemakaian. Kalau terlalu sering menjalankan game berat yang menguras tenaga ponsel, misalnya, maka baterai pun bisa lebih boros.

Reno4 F mendukung fast charging 18 watt. Dengan kecepatan tersebut, dalam pengisian 5 menit, ponsel bisa digunakan selama sekitar 1 jam untuk menonton Youtube atau membuka Instagram.

Jika kondisi baterai kurang dari 10 persen, pengisian hingga penuh (100 persen) memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Menu pengaturan baterai di Oppo Reno4 F.KOMPAS.com/Bill Clinten Menu pengaturan baterai di Oppo Reno4 F.

Reno4 F turut menyediakan fitur penghemat daya bernama Super Power Saving Mode yang diklaim mampu menghemat daya baterai hingga dua kali lebih irit dibanding fitur penghemat daya lain pada umumnya.

Kesimpulan

Oppo Reno4 F adalah ponsel yang berbodi lumayan ramping dan ringan, serta memiliki desain menarik dengan punggung polikarbonat yang terkesan seperti logam.

Lalu, kamera ponsel ini juga tergolong cukup bagus untuk perangkat di kelasnya, serta menawarkan sederet fitur fotografi yang berguna seperti mode khusus untuk malam hari dan portrait.

Modul kamera belakang Oppo Reno4 F. Di sisi ini, terdapat empat kamera belakang yang disusun dalam sebuah modul persegi.

Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan dua kamera mono yang masing-masing beresolusi 2 MP (f/2.4).

Deretan kamera Reno4 F ini turut dibekali dengan beragam fitur kecerdasan buatan (AI), di antaranya seperti AI Portrait Color, AI Super Night Portrait, AI Night Flare Portrait, AI super Clear Portrait, AI Beautification 2.0, serta Dual Lens Bokeh.KOMPAS.com/Bill Clinten Modul kamera belakang Oppo Reno4 F. Di sisi ini, terdapat empat kamera belakang yang disusun dalam sebuah modul persegi.

Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan dua kamera mono yang masing-masing beresolusi 2 MP (f/2.4).

Deretan kamera Reno4 F ini turut dibekali dengan beragam fitur kecerdasan buatan (AI), di antaranya seperti AI Portrait Color, AI Super Night Portrait, AI Night Flare Portrait, AI super Clear Portrait, AI Beautification 2.0, serta Dual Lens Bokeh.

Kinerjanya bisa diandalkan dalam penggunaan sehari-hari, walaupun mungkin kurang memuaskan untuk mereka yang ingin bermain game terkini seperti Genshin Impact karena keterbatasan hardware.

Sayang, Reno4 F tidak dibekali NFC. Padahal fitur ini telah mulai banyak diadopsi oleh ponsel kelas menengah hingga entry level.

Secara keseluruhan, Reno4 F bisa dibilang cocok untuk mereka yang membutuhkan ponsel seharga Rp 4 jutaan dengan kamera mumpuni dan daya tahan baterai mencukupi untuk dipakai seharian, serta tak keberatan dengan absennya NFC.

Buat penggemar game, Reno4 F masih sanggup menjalankan aneka game terkini, tapi dengan kompromi di setting grafis seperti yang disebutkan tadi.

Lantas, apakah ponsel teranyar dari Oppo ini layak untuk dibeli menjelang akhir tahun 2020? Pilihan kembali pada kebutuhan Anda masing-masing.

Oppo Reno4 F
Harga di Indonesia: Rp 4.299.000

Kelebihan:
+ Desain ramping dan menarik
+ Kamera berkualitas bagus untuk kelasnya
+ Baterai kuat seharian, ditambah fast charging 18 watt

Kekurangan:
– Tidak ada fitur NFC
– Hanya bisa menjalankan game dengan setting grafis menengah

#Review #Oppo #Reno4 #Ponsel #Ramping #Berkamera #Mumpuni

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts