Kemenangan Biden Diproyeksi Deraskan Aliran Modal Asing ke RI

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemenangan Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat pengganti Donald Trump diproyeksi akan membangkitkan ekonomi global dan Indonesia.

Read More

Direktur riset CORE Indonesia, Piter Abdullah Redjalam mengatakan, ada peluang kenaikan harga produk komoditas yang menjadi andalan ekspor indonesia. Begitupun menderaskan masuknya aliran modal asing

“Indonesia saya kira akan mendapatkan dampak positif dari bangkitnya perekonomian global pasca kemenangan Biden. Aliran modal juga Akan mengalir ke Indonesia baik dalam bentuk portfolio maupun FDI,” kata Piter kepada Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Piter bilang, bangkitnya perekonomian global karena ada peluang perang dagang antara AS-China akan terhenti.

Hal ini membawa sentimen positif bagi pasar dan perdagangan internasional akan bangkit. kemudian ini bisa memicu produksi dan kenaikan harga (komoditas).

Sentimen positif ini kemudian akan merambat ke pasar keuangan, bakal mendorong risk appetite yang lebih besar sehingga volume transaksi Dan indeks di pasar keuangan akan meningkat.

“Dalam jangka menengah panjang kemenangan biden Saya perkirakan Akan positif memperbaiki iklim investasi global,” ucapnya.

Lebih lanjut Piter menuturkan, Partai Demokrat yang mengusung Biden memang dikenal dengan kebijakan pajak yang Lebih ketat, berbanding terbalik dengan partai republik yang banyak memberikan pemotongan pajak (tax cut).

Tapi sebetulnya, pemotongan pajak yang dijanjikan Republican ini hanya berdampak pada kelompok kecil masyarakat kaya. Artinya, dampak tax cut terhadap ekonomi AS tidak akan terlalu besar.

“Sementara kebijakan demokrat yang cenderung meningkatkan pajak menurut saya tidak akan terlalu berpengaruh kepada ekonomi Amerika, karena di sisi lain ada dampak positif yang saya sebutkan di awal,” pungkas Piter.

Pengamat Pasar Uang, Lukman Leong menambahkan, Joe Biden yang terpilih menjadi Presiden AS membawa hal positif dalam pasar keuangan, minimal sentimen positif baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Dia pun memproyeksi pasar uang belum akan melemah dalam waktu dekat, karena ekspektasi stimulus pasca kemenangan Biden akan melemahkan dollar AS.

“Tapi ke depannya, (membaiknya pasar uang) masih akan kembali ke masalah (penanganan) Covid-19,” jelas Lukman kepada Kompas.com.

#Kemenangan #Biden #Diproyeksi #Deraskan #Aliran #Modal #Asing

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts