Rangkuman Ulasan PS5, Bongsor tapi Senyap dan “Loading” Cepat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Konsol game teranyar dari Sony, PlayStation 5 ( PS5) bakal dirilis ke publik mulai 12 November mendatang di sejumlah negara, disusul dengan negara yang belum kebagian pada 19 November mendatang.

Read More

Meski demikian, beberapa media internasional telah mengulas konsol game suksesor PlayStation 4 ( PS4) tersebut.

The Verge membahas performa PS5 untuk menjalankan aneka game yang dirilis pada saat peluncurannya nanti, berikut controller DualSense. Demikian juga dengan Tech Radar.

Kedua situs tersebut kompak mengomentari ukuran fisik PS5 yang disebut bongsor untuk ukuran konsol game masa kini, terutama kalau dibandingkan dengan pandehulunya.  PS5 memiliki panjang 26 cm, tinggi 39 cm, lebar 10,4, dan bobot 4,5 kg.

Ukurannya yang besar bisa menyulitkan pengguna saat mencari lokasi untuk menempatkan PS5. Desain PS5 juga berbeda dibandingkan PS4 yang dulu cenderung “kotak” dengan sudut-sudut kaku dan simetris.

Taiwan NCC Sisi samping pada konsol PS5

Sisi-sisi konsol konsol tersebut tertutup panel plastik berwarna putih yang berdesain melengkung. Panel putih ini bisa dicopot untuk mengakses slot ekspansi SSD yang berada di baliknya, untuk keperluan menambah storage.

Sayangnya, pada saat peluncuran PS5 pada 12 November nanti, aksesori SSD tambahan ini belum akan tersedia, jadi pengguna harus mengandalkan internal storage (SSD) yang berkapasitas 825 GB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/11/2020), The Verge dan Tech Radar mencatat bahwa ruang kosong yang tersedia hanya sekitar 667 GB.

Panel tengah PS5 yang berwarna hitam antara lain memuat saluran ventilasi udara, port USB-A, port USB-C, port Ethernet, dan port HDMI 2.1 di bagian belakang. Di depan terdapat drive cakram Blu-ray untuk versi standar.

Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.Sony Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.

PS5 bisa diletakkan secara horisontal atau vertikal. Sebuah dudukan plastik hitam berbentuk bundar disediakan untuk penempatan dalam dua posisi itu.

Loading game cepat dan senyap

Dibanding pendahulunya, salah satu peningkatan PS5 yang paling mencolok adalah waktu loading game yang jauh lebih singkat karena menggunakan media penyimpanan berbasis SSD, bukan HDD seperti di PS4.

TheVerge mengatakan game Marvel’s Spider-Man: Miles Morales bisa dimuat dalam waktu hanya 17 detik. Di PS4, waktu yang dibutuhkan untuk memuat game dengan judul yang sama mencapai 1 menit 27 detik.

Perbandingan waktu loading game yang sama di PS4 dan PS5.TheVerge Perbandingan waktu loading game yang sama di PS4 dan PS5.

Judul-judul game lain secara umum juga mencatat waktu loading yang lebih singkat, seperti Final Fantasy VII Remake yang bisa dimuat dalam waktu 35 detik, Death Stranding 54 detik, serta Genshin Impact 59 detik.

PS5 kini menggunakan AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz, RAM 16 GB, serta pengolah grafis AMD RDNA 2 dengan 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops.

Kemampuan hardware tersebut memungkinkan perangkat menjalankan aneka game PS5 yang mendukung di resolusi dan frame rate tinggi, yaitu 8K (60fps) dan 4K (120fps).

Kualitas grafisnya disebut lebih bagus dibandingkan PS4. Konsol inipun mendukung teknologi ray-tracing untuk menampilkan efek pencahayaan dan pantulan obyek yang realistis di dalam game.

Kendati powerful, The Verge dan Tech Radar mengatakan PS5 berjalan dengan senyap. Kipas-kipasnya tidak terdengar mengeluarkan suara bising, berbeda dari misalnya PS4 Pro yang bisa berisik seperti “mesin jet”.

Controller dengan fitur baru

Wujud DualSense, kontroler PlayStation 5Blog Playstation Wujud DualSense, kontroler PlayStation 5

Controller PS5 yang dinamai DualSense memiliki fitur-fitur baru, di antaranya haptic feedback dan adaptive triggers. Menurut uji coba TheVerge, kedua fitur tersebut mampu memberikan sensasi lebih nyata untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

Ketika berjalan-jalan di game Astro’s Playroom (game bundling PS5), misalnya, haptic feedback bisa menghasilkan getaran ringan di sisi kiri atau kanan aksesori tersebut, berdasarkan pijakan kaki karakter yang sedang dimainkan.

Kemudian, speaker yang tersemat di controller juga bakal memberikan sensasi suara bervariasi apabila pengguna berjalan di permukaan berbeda, seperti jalan aspal, pasir, bersalju, dan lain sebagainya.

Adaptive triggers sendiri merupakan tombol L1/L2 dan R1/R2 yang ditemui di controller PlayStation pada umumnya. Namun, di PS5, tombol tersebut bisa memberikan feedback berbeda tergantung intensitas penekanan.

Pada saat menembakkan busur panah, misalnya, pengguna bisa menekan tombol trigger dengan kuat untuk melancarkan serangan yang kuat pula.Sebaliknya, pengguna bisa menekan tombol tersebut dengan perlahan agar tembakan tidak terlampau kencang atau keras.

 

PlayStation 5 (PS5).Blog Sony PlayStation PlayStation 5 (PS5).

Baik The Verge maupun Tech Radar sama-sama menyimpulkan bahwa PS5 membawa sejumlah peningkatan yang signifikan dibanding PS4.

Peningkatan utama tentu saja terlihat dari kinerja yang jauh meningkat, seperti waktu loading game yang terpangkas hingga menjadi hanya hitundan detik dan dukungan resolusi hingga 8K 60 fps dan 4k 120 fps.

Selain itu, kedua situs juga terkesan dengan controller DualSense serta tampilan antarmuka (UI) yang disebut lebih sederhana dan indah.

Secara keseluruhan, ulasan PS5 mengesankan perangkat konsol game next-gen yang menjanjikan. Sayang, masih belum ada informasi resmi soal kapan PS5 bakal meluncur di Indonesia.

Namun, konsol ini diketahui sudah mendapat sertifikat dari Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo. Boleh jadi PS5 bakal hadir dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

#Rangkuman #Ulasan #PS5 #Bongsor #tapi #Senyap #dan #Loading #Cepat

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts