Begini Cara Kirim Foto dan Video yang Bisa Terhapus Otomatis di Instagram

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Belum lama ini, Facebook merilis sebuah fitur baru untuk WhatsApp. Fitur tersebut memungkinkan pesan yang dikirim pengguna terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. 

Read More

Fitur tersebut sejatinya bukanlah sebuah hal baru bagi aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook. Sebab, Instagram sudah lebih dulu memiliki fitur ini sejak lama. 

Pada 2016, Instagram meluncurkan fitur serupa di mana foto atau video yang dikirimkan pengguna lewat Direct Message (DM) kepada pengguna Instagram lainnya dapat terhapus dengan sendirinya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama-tama, buka aplikasi Instagram dan masuk (login) menggunakan akun masing-masing.

Lalu, klik ikon “Direct Message” yang ada di bagian atas kanan dan pilih pengguna Instagram lainnya yang ingin dikirimi foto/video.

Kemudian, klik ikon “kamera” yang terletak di pojok kiri bawah dan ambil foto/video menggunakan kamera ponsel. Pengguna juga bisa mengambil foto/video yang sudah tersimpan di galeri ponsel.

KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengirimkan pesan foto atau video yang bisa dihapus otomatis.

Setelah selesai memilih, Anda akan disodori dengan tiga menu horisontal yang terletak di bagian bawah tampilan aplikasi, terdiri dari “View Once”, “Allow Replay”, dan “Keep in Chats” seperti pada gambar di bawah ini.

Cara mengirimkan pesan foto atau video yang bisa dihapus otomatis.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengirimkan pesan foto atau video yang bisa dihapus otomatis.

Menu “View Once” memungkinkan pengguna mengirimkan foto atau video yang bisa terhapus dengan sendirinya apabila sudah dilihat.

Sementara menu “Allow Replay” mengizinkan pengguna bisa melihat foto atau video yang dikirimkan sepanjang waktu dengan meng-klik tombol “play” yang tersedia di jendela percakapan.

Adapun menu “Keep in Chats” memungkinkan foto atau video yang dikirim bakal selalu terlihat di jendela percakapan. Artinya, pengguna tidak perlu meng-klik tombol untuk melihat foto/video yang dikirimkan.

Untuk mengirimkan foto/video yang terhapus otomatis, pilih menu “View Once” dan klik tombol “Send”.

Jika sudah selesai, maka foto/video yang diunggah bakal ditandai dengan ikon yang menyerupai “bom” apabila telah dilihat oleh kerabat Anda.

Perlu dicatat, fitur pesan yang bisa hilang secara otomatis ini hanya berfungsi ketika pengguna mengirimkan foto atau video saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Rabu (11/11).

Artinya, apabila pengguna mengirimkan teks, maka pesan tersebut tidak bisa hilang dengan sendirinya, kecuali mereka menghapusnya menggunakan pilihan “unsend message”.

Adapun fitur tersebut bisa digunakan dengan cara menekan teks yang ingin dihapus dan pilih “Unsend Message”.

#Begini #Cara #Kirim #Foto #dan #Video #yang #Bisa #Terhapus #Otomatis #Instagram

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts