“Bug” di PS5 Bikin Pengguna Harus Factory Reset Konsol

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Konsol game teranyar besutan Sony, PlayStation 5 ( PS5) resmi dijual di sejumlah negara beberapa hari lalu. Belum lama dirilis, sejumlah pengguna PS5 melaporkan adanya masalah atau bug.

Read More

Para pengguna PS5 melaporkan masalah tersebut melalui media sosial Twitter. Sembari me-mention akun resmi @AskPlayStation, beberapa pengguna mengatakan tidak bisa mengunduh (download) game PS5 di konsol mereka.

Salah satunya adalah akun @davidalllensod1, yang mengaku bahwa game Spider-Man: Miles Morales yang ia beli tidak bisa diunduh di PS5 Digital Edition miliknya. Ia juga telah me-restart konsolnya, namun, hal tersebut tak membuahkan hasil.

Masalah serupa namun tak sama juga dialami oleh pengguna lainnya dengan nama akun @RealKidtypical.

Ia tidak menyebut versi PS5 apa yang dimiliki, akan tetapi, ia mengklaim bahwa ia tidak bisa menyimpan lebih dari satu game di konsolnya.

Ketika ia mencoba mengunduh game lainnya, proses pengunduhan tak mau berjalan dan mandek (stuck) di tampilan “calculating time remaining”.

Adapun bug ini disebut memang berasal dari konsol PS5 itu sendiri, dan tampaknya bukan masalah koneksi internet masing-masing pengguna.

Pasalnya, sebagian besar game PS5 yang sudah resmi meluncur, seperti Call of Duty: Black Ops Cold War, Demon’s Souls, Spider-Man: Remastered, hingga Sackboy: A Big Adventure kompak tidak bisa diunduh oleh sebagian pengguna.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Techspot, Senin (16/11/2020), solusi sementara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara mengembalikan pengaturan PS5 ke kondisi awal/pabrik, alias factory reset.

Meski konsol akan kembali normal, dengan factory reset, semua pengaturan dan data yang tersimpan di PS5, termasuk game yang telah diunduh, akan dihapus.

Kendati masalah ini sudah dialami oleh beberapa pengguna dan bisa dibilang cukup mengganggu, pihak Sony sendiri belum memberikan resmi terkait bug ini, begitu pula penyebab dan solusinya.

PlayStation 5 sendiri akan dijual di Indonesia pada Januari 2021 mendatang. Sementara sesi pre-order di Tanah Air akan dibuka mulai 18 Desember 2020.


#Bug #PS5 #Bikin #Pengguna #Harus #Factory #Reset #Konsol

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts