Mau Pimpin Pasar Operator Penerbangan di ASEAN, Ini Strategi AP II

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura II (Persero) berhasrat ingin menjadi pemimpin pasar operator penerbangan di ASEAN. Strategi baru transpormasi pun ditetapkan.

Read More

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, program Transformation 2.0 (2020 – 2024) akan mengembangkan aspek business dan portofolio.

” AP II harus mampu menghidupkan Airport Business Ecosystem misalnya masuk ke ritel Food & Beverages, event di bandara, edutainment di bandara, sampai hospitality, healthy, dan learning,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

“Serta menciptakan Digital Ecosystem Service misalnya dengan meluncurkan e-payment,” sambung dia.

Di sisi lain, AP II akan menerapkan konsep adjacent business untuk menciptakan bisnis baru (new wave business) guna memperluas pasar dari bisnis inti (aeronautika dan nonaeronautika).

Konsep tersebut akan dijalankan bersamaam dengan utilisasi dan optimalisasi. Misalnya memanfaatkan lahan kosong untuk menciptakan pendapatan baru dan kerja sama pengelolaan hotel di bandara.

Pengembangan aspek business dan portfolio juga fokus pada percepatan peningkatan fasilitas dan layanan melalui kolaborasi dan kemitraan dengan perusahaan nasional dan multinasional.

“Melalui kemitraan, AP II berbagi capital expenditure dan pengalaman sehingga bandara dapat dikembangkan lebih cepat dengan berbagai fasilitas kelas dunia,” kata Awaluddin.

Program Transformation 2.0 (2020 – 2024) ini berbeda dengan Transformation 1.0 (2016 – 2020). Pada transformasi pertama, fokus pengembangan adalah meningkatkan kontribusi pendapatan bisnis nonaeronautika.

Hal tersebut dilakukan agar pendapatan bisnis nonaeronautika lebih besar dibandingkan dengan pendapatan bisnis aeronautika. Salah satunya dengan mengejar bisnis baru melalui anak usaha.

 

#Mau #Pimpin #Pasar #Operator #Penerbangan #ASEAN #Ini #Strategi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts