Alami Cedera Meniskus, Beckham Putra Menepi Selama Sebulan

  • Whatsapp

BANDUNG, KOMPAS.com – Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, memastikan cedera yang dialami Beckham Putra Nugraha tidak terlalu parah.

Read More

Rafi menuturkan, Beckham hanya mengalami cedera meniskus grade satu.

Hal tersebut diungkapkan Rafi seusai melihat hasil pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) yang dijalani Beckham di Jakarta. Menurut Rafi, dari hasil pemeriksaan tersebut, terdapat robekan kecil dalam tulang rawan lutut Beckham.

“Sudah saya terima hasil MRI Beckham dari dokter yang menanganinya di timnas. Hasilnya Beckham mengalami cedera di lutut bagian kiri. Meniskus grade satu (robekan kecil). Ya, tidak terlalu parah,” kata Rafi kepada wartawan, Kamis (03/12/2020).

Beckham diwajibkan menjalani pemulihan selama lebih kurang satu bulan. Selama masa pemulihan, Beckham dianjurkan beristirahat total.

Dia tidak diperkenankan melakukan aktivitas fisik yang berat agar cederanya tidak bertambah parah.

Meski begitu, Beckham tetap diperbolehkan melakukan latihan ringan untuk menguatkan jaringan otot di sekitar lutut kirinya. Proses pemulihan cedera Beckham pun akan diawasi secara langsung oleh fisioterapis tim Persib.

“Ya, dia sekarang harus menjalani dulu observasi pemulihan satu bulan pertama dengan dibantu fisioterapi Persib. Sesudah satu bulan dilihat bagaimana perkembangannya,” kata Rafi.

Rafi optimistis, Beckham bisa pulih lebih cepat. Sebab, saat ini kondisi cedera Beckham pun terus membaik.

Selain itu, mengingat cedera yang dialami pun tidak terlalu parah, Beckham juga tidak perlu melakukan operasi untuk memulihkan kondisinya.

“Sekarang pun Beckham sudah lebih baik daripada sebelumnya. Kalau untuk operasi, saat ini belum dulu. Masih harus diobservasi satu bulan karena ini cederanya grade satu,” tutur Rafi.

“Beckham harus benar-benar beristirahat, tidak boleh banyak bekerja pada bagian lutut yang cederanya, tetapi untuk anggota tubuh lain tetap masih bisa dilatih,” kata dia.

KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, merayakan gol perdananya untuk Persib Bandung pada tahun 2020 kontra Persis Solo di Stadion Manahan, Sabtu (15/2/2020).

Bersyukur

Beckham merasa bersyukur karena cedera yang dialaminya tidak terlalu parah. Pemain berusia 19 tahun itu tak menampik sempat merasa waswas dengan cederanya itu.

Bahkan, Beckham pun sudah pasrah bila harus menjalani operasi untuk memulihkan cederanya.

“Alhamdulillah hasilnya bagus karena langsung diperiksa dokter. Ini hanya harus istirahat sama latihan penguatan,” kata Beckham.

“Awalnya sempat ada rasa takut dioperasi. Namun, waktu tahu hasilnya bagus dan tidak perlu operasi, ya senang dan lega,” kata dia.

Oleh tim dokter Persib dan timnas U19, Beckham belum disarankan untuk bergabung dalam pemusatan latihan timnas U19 Indonesia. Beckham diharuskan fokus pada pemulihan cederanya.

Beckham pun menerima saran tersebut, meski sebenarnya dia sudah tidak sabar untuk kembali ke lapangan.

“Kalau dokter menyarankan untuk fokus pemulihan dulu, sebenarnya sudah sangat ingin bermain lagi. Namun, karena kondisinya masih belum memungkinkan, jadi fokus pemulihan saja dulu,” ucap Beckham.

“Selain pemulihan, paling tetap latihan ringan untuk penguatan otot. Nanti didampingi juga sama fisioterapis dari Persib,” kata Beckham.

 

#Alami #Cedera #Meniskus #Beckham #Putra #Menepi #Selama #Sebulan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts