Punya Anak Berkebutuhan Khusus, Sara Ingin Dirikan SLB di Tangsel

  • Whatsapp

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.COM – Pasangan calon wali kota-wakil wali kota Tangerang Selatan, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, menekankan pentingnya peran pemerintah kota dalam menghadirkan sekolah luar biasa (SLB) untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Read More

Hal itu mereka sampaikan saat memaparkan visi misi dalam debat publik Pilkada Tangsel putaran kedua yang disiarkan langsung Metro TV, Kamis (3/12/2020) malam.

“Akses pendidikan harus dirasakan semua, sekolah luar biasa untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus yang dimiliki pemkot harus kita hadirkan, yang sampai saat ini belum ada,” ujar Saraswati, yang akrab disapa Sara.

Memiliki anak berkebutuhuan khusus

Sara sendiri memiliki anak berkebutuhan khusus, yang ia sebut sebagai “anak spesial”. Anak itu lahir tahun 2017.

Kompas.com sebelumnya memberitakan, Sara mengungkapkan bahwa dia mengetahui anaknya berkebutuhan khusus sejak masih masa kehamilan, tepatnya saat usia kehamilan 14 minggu.

“Dokter bilang kemungkinan besar 90 persen punya trisomi 21, kromosomnya berarti ada ekstra satu,” ujarnya dalam satu wawancara pada 2019. Ia mengaku sangat sedih mendengar kabar tersebut.

“Saya menangis bukan karena saya punya anak dengan down syndrome, tapi saya khawatir dunia bakal bagaimana buat dia,” tambahnya.

Namun, perempuan kelahiran 1986 itu merasa bersyukur atas dukungan yang ia dapat dari orang-orang sekitar termasuk suaminya, Harwendro Adityo, sehingga ia dapat mempertahankan janinnya sampai bayi itu lahir.

ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Muhamad (kiri) dan Rahayu Saraswati (kanan) berfoto bersama usai menyerahkan berkas pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangerang Selatan di Setu, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (4/9/2020). Pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PSI, PAN dan Partai Hanura resmi mendaftarkan diri sebagai kontestan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan tahun 2020.

Sampaikan pesan pada Wira saat debat Pilkada Tangsel

Keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu pun menggunakan kesempatan debat Pilkada Tangsel putaran kedua pada Kamis malam untuk menyampaikan pesan kepada anak-anaknya, terutama kepada Wira yang ia sebut spesial itu. Berikut isi pesannya:

“Jika ada satu hal yang perlu kalian petik dari semua proses politik yang mama telah lalui sampai mama bisa berada di titik ini, (yaitu) tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Dan untuk Wira, kesatria mama dan papa, selamat hari disabilitas internasional. Kamu diciptakan sesuai dengan kehendak Tuhan, dan kalian semua anak-anak yang spesial pasti bisa menjadi berkat bagi banyak orang lain,” ujarnya.

Sara terlihat menahan air mata saat menyampaikan pesan singkat tersebut.

Pilkada Tangsel 2020 pada 9 Desember ini menjadi ajang persaingan tiga pasangan calon dari keluarga elite politik.

Pasangan nomor urut satu Muhamad – Saras diusung PDI-P, Gerindra, PSI, PAN, dan Hanura dengan total 23 kursi di DPRD Tangsel. Mereka juga didukung empat partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, yakni Nasdem, Perindo, Garuda, dan Berkarya.

Muhamad adalah mantan sekretaris daerah (Sekda) Tangsel yang mengundurkan diri seiring pencalonan dirinya di Pilkada 2020. Sementara Sara, merupakan politisi Partai Gerindra sekaligus keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pasangan nomor urut dua adalah Siti Nur Azizah – Ruhamaben yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total 13 kursi di DPRD Tangsel.

Azizah merupakan putri keempat Wapres Ma’ruf Amin. Azizah kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Sedangkan Ruhamaben adalah kader PKS dan mantan direktur keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tangsel, PT. PITS.

Pada nomor urut tiga, adalah pasangan calon Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan yang diusung Partai Golkar dengan total 10 kursi.

Mereka juga didukung tiga partai tanpa kursi, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Gelora.

Benyamin merupakan petahana Wakil Wali Kota Tangsel. Sedangkan Pilar adalah anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu adalah adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

#Punya #Anak #Berkebutuhan #Khusus #Sara #Ingin #Dirikan #SLB #Tangsel

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts