3 Kunci Agar Transformasi Digital di Bisnismu Berhasil Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Di era disrupsi teknologi, seluruh perusahaan dituntut untuk beradaptasi dengan melakukan transformasi digital.

Read More

Sebab tidak ada yang menjamin manusia sehebat apapun tak bisa tergantikan dengan digital/mesin.

HR Director Blue Bird Group, Pambudi Sunarsihanto mengatakan, transformasi digital tidak akan bisa berhasil bila perusahaan tidak bisa merangkul karyawannya.

Untuk itu peran pemimpin (leader) di sebuah perusahaan bukan hanya soal memberikan penugasan, tapi juga memberikan perhatian kepada mereka.

Leader yang baik lakukan tiga prinsip, berikan perhatian, pekerjaan, dan pengembangan. Itu hak anak buah Anda. Mau dalam dunia fisik maupun digital, berikanlah 3 prinsip itu,” kata Pambudi dalam webinar virtual Mega Digi Talk Seri 4, Sabtu (5/12/2020).

Pambudi menuturkan, perhatian bisa diberikan dengan beragam cara. Sebelum memberi pekerjaan misalnya, pemimpin perlu bertanya kabar karyawan, kabar keluarganya, masalah yang dihadapi karyawan, dan sebagainya.

Perhatian bisa juga diberikan dengan mengajarkan karyawan menggunakan teknologi. Pasalnya tak semua karyawan sudah fasih dengan teknologi sejak lahir. Hal ini bisa membuat transformasi digital semakin mudah teradopsi.

“Semua orang harus fluent (fasih) dulu, mereka harus punya digital ideation (ide), lalu mengimplementasikan. Kita harus merangkul,” ucap dia.

Lebih lanjut dia bilang, pandemi Covid-19 menjadi momen yang tepat bagi perusahaan mempercepat transformasi digital. Pandemi memaksa perusahaan lebih berinovasi dan bertahan dari keterpurukan.

“Jangan takut, nahkoda lahir dari lautan penuh ombak dan badai. Bersyukur kalau ada ujian seperti apapun, baik namanya inovasi, disrupsi, berarti diuji masuk ke next level,” pungkasnya.

#Kunci #Agar #Transformasi #Digital #Bisnismu #Berhasil #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts