Anies Jadi Komite Pengarah Bersama Gubernur Tokyo, Apa Itu C40 Cities? Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Meski dalam kondisi perawatan setelah terinfeksi virus corona Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menorehkan prestasi.

Read More

Anies ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, dalam penetapan di London, Inggris, Sabtu (4/12/2020).

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim

Apa itu C40 Cities?

Jaringan kota besar

Melansir laman resmi C40 Cities, C40 adalah jaringan kota besar di dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim.

Mereka mendukung kota untuk berkolaborasi secara efektif, berbagi pengetahuan, dan mendorong tindakan yang bermakna, terukur, dan berkelanjutan terkait perubahan iklim.

Disebutkan, C40 Cities menghubungkan 97 kota terbesar di dunia untuk mengambil tindakan iklim yang berani, memimpin jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Jakarta menjadi salah satu kota yang bergabung dengan program ini. Program ini mewakili lebih dari 700 juta warga dan seperempat ekonomi global.

Wali kota di kota-kota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan paling ambisius dari Perjanjian Paris di tingkat lokal, serta untuk membersihkan udara yang dihirup.

Adapun program yang sedang berlangsung terbagi dalam kategori Keuangan Kota, City Intelligence, Diplomasi, Direct Support, Pengukuran & Perencanaan, Program, Bisnis & Inovasi, serta Proyek Khusus.

Peran Anies

Awal tahun ini, Anies disebut-sebut berperan penting dalam mendukung Jakarta untuk meluncurkan program ambisius, Clean Air Partnership. 

Yaitu program untuk menangani polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan dampak kesehatannya.

Sebagai ketua dan wakil ketua, Koike dan Anies akan mendukung walikota C40 Cities saat mereka bekerja sama untuk mewujudkan pemulihan hijau dan adil dari pandemi Covid-19 dan mengatasi krisis iklim.

“Jakarta bertekad untuk memperluas jangkauan C40 untuk bekerja dengan kota lain dan pemangku kepentingan menuju tujuan penerapan aksi iklim transformatif yang mengikuti Perjanjian Paris,” kata Anies dikutip dari laman C40 Cities.

Kolaborasi

Dia juga mengungkapkan perkembangan terkini di kawasan Asia Timur, Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal itu adalah kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional.

Berbeda dari Anies, Gubernur Koike sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah sejak 2016.

Dia adalah gubernur perempuan pertama di Tokyo dan telah menjadi pendukung konsisten masalah lingkungan di Tokyo dan di seluruh Jepang.

“Sebuah momentum baru yang ambisius menuju resolusi krisis iklim dan pemulihan ekonomi tumbuh setelah Covid-19. Peran kota sangat penting dalam menghadapi dua masalah utama ini,” ujarnya.


#Anies #Jadi #Komite #Pengarah #Bersama #Gubernur #Tokyo #Apa #Itu #C40 #Cities #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts