Alami Infeksi, Marc Marquez Bakal Jalani Operasi Keempat? Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Nasib Marc Marquez belum menentu meskipun ia telah menjalani operasi ketiga. Kabar terbaru menyebutkan, ada kemungkinan pebalap Repsol Honda itu bakal naik meja operasi untuk kali keempat.

Read More

Marc Marquez baru saja menjalani operasi di Madrid, Spanyol, pada Kamis (3/12/2020) waktu setempat.

Itu merupakan operasi ketiga bagi Marquez untuk menyembuhkan cedera retak tulang lengan kanan yang ia derita.

Cedera tersebut ia dapatkan seusai mengalami kecelakaan hebat pada seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pertengahan Juli lalu.

Menurut keterangan Repsol Honda, proses operasi yang menghabiskan waktu delapan jam itu berjalan lancar.

Namun, belakangan diketahui ada infeksi di tulang humerus lengan kanan Marc Marquez.

Infeksi tersebut sebenarnya sudah ditemukan sebelum pemilik enam gelar juara dunia MotoGP itu menjalani operasi ketiga.

Akan tetapi, setelah operasi ketiga, ternyata ada infeksi baru seperti sebelumnya. Temuan ini pun sudah dikonfirmasi oleh pihak Repsol Honda.

“Kondisi Marc Marquez pasca-operasi dipastikan tidak ada masalah oleh tim medis. Namun, pemeriksaan yang diperoleh selama operasi nonunion (psuedoarthrosis) telah memastikan bahwa ada infeksi sebelumnya pada fraktur,” demikian pernyataan Repsol Honda.

Terkait kondisi terkini Marc Marquez, Angel Villamor yang merupakan dokter ahli traumatologis di Spanyol mengatakan bahwa pebalap berusia 27 tahun itu akan menjalani operasi lagi infeksinya tidak segera sembuh.

Villamor mejelaskan, infeksi tulang seperti yang dialami Marquez terkadang sulit disembuhkan karena kurangnya antibiotik untuk melawan kuman yang bersarang.

“Kuman bersarang di tulang yang merupakan jaringan dengan sedikit pembuluh darah. Oleh karena itu, pertahanan (tubuh) hanya memiliki sedikit akses,” tutur Villamor dilansir dari PaddockGP.

“Yang kita semua harapkan adalah, pertahanan alami Marc akan dibantu antibiotik sehingga bisa menghilangkan infeksi dalam beberapa hari,” imbuhnya.

“Namun, jika infeksi Marc Marquez tidak segera sembuh, dia harus menjalani operasi keempat,” ucap Villamor.

Apabila harus menjalani operasi keempat, fase pemulihan Marc Marquez tentu akan semakin mundur.

Sebelumnya, usai operasi ketiga, Marquez disebut tidak boleh menggerakkan lengannya secara signifikan selama 12 pekan ke depan sebelum menjalani fisioterapi.

Sementara, musim baru MotoGP akan dimulai pada 28 Maret 2021 di Qatar.

#Alami #Infeksi #Marc #Marquez #Bakal #Jalani #Operasi #Keempat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts