Menengok Keramaian di Facebook Sepanjang 2020 Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com –¬†Memasuki penghujung akhir tahun 2020, Facebook merekap kaleidoskop selama satu tahun terakhir. Facebook telah merangkum peristiwa-peristiwa penting yang banyak dibicarakan di platformnya.

Read More

“2020 menjadi tahun yang berbeda bagi kita semua. Kami antusias menyambut tahun 2021 dan melihat momen penting apa saja yang sudah dilakukan banyak orang lewat platform kami sehingga membuat tahun ini menjadi lebih berkesan,” kata Facebook.

Setidaknya ada enam tema yang mengelompokkan peristiwa penting dunia di tahun 2020 dan diklasifikasi menjadi beberapa momen.

1. Ikon publik

Pertama adalah ikon publik (Icons). Kategori ini merupakan bentuk antusias pengguna Facebook dalam memperingati momentum perayaan maupun mengenang kepergian tokoh-tokoh penting di dunia.

– Ada dua peristiwa penting di momen ini, yaitu kabar meninggalnya mantan pemain NBA, Kobe Bryant pada 27 Januari dan kepergian Hakim Agung Amerika Serikat yang juga seorang pejuang hak-hak perempuan, Ruth Bader Ginsburg pada September lalu.

– Kepergian Kobe Bryant turut mengundang kesedihan pengguna Facebook khususnya yang berada di wilayah Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Filipina.

– Sementara, tagar #restinpower membanjiri Timeline Facebook dan Instagram dalam satu hari meninggalnya Ruth Bader Ginsburg pada 19 September lalu.

2. Social Awakening

Social Awakening merupakan rangkuman peristiwa dari komunitas global yang mengangkat isu-isu penting yang tengah ramai dibicarakan.

– Selama tiga minggu setelah kematian George Floyd, topik seputar kampanye “Black Lives Matter” ramai dibicarakan dan meningkat hingga tiga kali lipat, dengan total rata-rata sekitar 7,5 juta mention di Facebook setiap harinya.

– Sebanyak 1,8 juta anggota dari grup komunitas The Blackout Coalition di Facebook mendukung bisnis yang dimiliki oleh pengusaha berkulit hitam, Black di Amerika Serikat.

3. Covid-19

Sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung, banyak orang mencari terobosan baru atau menemukan solusi untuk tetap bertahan dan terhubung satu sama lain.

– Selama Maret 2020, ada sekitar 1,5 juta orang Spanyol mengirimkan ucapan terima kasih kepada staf medis dengan menyertakan tagar #aplausosanitario.

– Di Italia, pengguna Instagram dan Facebook menghabiskan waktu mereka untuk melakukan Live Streaming. Fenomena ini disebut meningkat dua kali lipat sejak pandemi berlangsung di wilayah tersebut.

– Di Amerika Serikat, aktivitas Facebook Live melonjak hingga 50 persen yang menyiarkan beberapa kegiatan seperti kelas kebugaran, siaran langsung oleh influencer, dan lainnya.

4. Politik global

Kategori ini merangkum aspirasi banyak pengguna yang membagikan opini mereka seputar dunia politik.

– Pengumuman calon Wakil Presiden, Kamala Harris dalam pemilu AS menjadi momentum yang paling banyak dibicarakan selama bulan Agustus.

– Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Facebook, Jumat (11/12/2020), lebih dari 10 juta postingan seputar Kamala Harris dibagikan dalam satu hari.

– Selama pemilu AS berlangsung pada November lalu, mayoritas pengguna Facebook dan Instagram di AS terus memantau situs Voting Information Center untuk melihat informasi seputar perolehan dan fakta lain terkait sistem pemungutan suara.

5. Environmental Causes

Environmental Causes adalah kategori yang mengelompokkan momen antusias sejumlah komunitas global dalam mencari dan melakukan gerakan untuk memperbaiki dunia menjadi lebih baik.

– Lebih dari 1,3 juta orang secara global berkontribusi dalam penggalangan dana yang dilakukan Facebook untuk memberikan bantuan bagi mereka yang terkena dampak kebakaran hutan di Australia.

Dalam laporan Facebook, total donasi yang terkumpul mencapai lebih dari 35 juta dollar AS atau sekitar Rp 494 miliar.

– Hingga kini, lebih dari 2,6 juta orang telah ikut berpartisipasi dalam pengumpulan dana sekitar 87 juta dollar AS (sekitar Rp 1,2 triliun) melalui gerakan Facebook Fundraisers untuk memerangi perubahan iklim, kampanye kebersihan laut, upaya perlindungan hewan, dan lainnya.

6. Faith and Community

Tema ini menceritakan peristiwa dari banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membangun dan mengembangkan komunitas tertentu secara online.

– Sejumlah komunitas beramai-ramai mendukung usaha kecil menengah dan mempromosikan bisnis mereka lewat fitur Story dengan menyertakan stiker dukungan khusus UMKM yang ada di Instagram.

– Perayaan Paskah pada 6 April lalu, menjadi momentum keagamaan yang paling berbeda di tahun ini. Sebagian besar umat Nasrani merayakannya secara online melalui grup video call di layanan Messenger atau ibadah yang disaksikan lewat tayangan Live Streaming.

Top Pop Culture Moments

Top Pop Culture Moments merupakan kumpulan momen atau topik yang sering dibicarakan pengguna Facebook sepanjang tahun 2020.

  • Dokumenter “The Last Dance” dari Michael Jordan.
  • Netflix: Dave Chappelle.
  • Lagu Cardi B – WAP feat. Megan Thee Stallion.
  • Lagu Harry Styles – Golden.
  • Los Angeles Lakers memenangkan Kejuaraan NBA 2020.
  • Katy Perry mengumumkan kehamilannya
  • Lagu Megan Thee Stallion – Savage.
  • Pertunjukan Shakira dan Jennifer Lopez dalam acara Halftime Show.
  • Netflix: “Tiger King”.
  • Pertunjukan Andrea Bocelli dalam acara Paskah yang diselenggarakan di Milan, Italia.

 

#Menengok #Keramaian #Facebook #Sepanjang #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts