[KLARIFIKASI] Narasi Puluhan Warga Covid-19 dari 1 RT Ciracas Dievakuasi ke Wisma Atlet Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Di media sosial tersiar video dengan narasi puluhan warga dari satu RT di Ciracas, Jakarta Timur, yang terkena Covid-19 diberangkatkan ke Wisma Atlet.

Video tersebut memang benar menampilkan keberangkatan warga dari Puskesmas Ciracas ke Wisma Atlet. Namun, narasi yang beredar di media sosial keliru.

Puluhan warga yang diberangkatkan itu bukan berasal dari satu rukun tetangga (RT), melainkan dari satu kecamatan.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Eva Samsul pada Jumat (11/12/2020) mengunggah video yang menampilkan sejumlah orang menaiki bus besar berwarna kuning.

Dalam video berdurasi 44 detik itu terdengar suara lelaki menerangkan orang-orang tersebut berangkat dari Puskesmas Ciracas ke Wisma Atlet Tower 6, 7, dan 8. Jumlah mereka sebanyak 72 orang, termasuk balita.

Unggahan video itu disertai status mengenai satu rukun tetangga (RT) di Ciracas, Jakarta Timur, diisolasi di Wisma Atlet. Berikut isi lengkap statusnya:

Bismillah hirrahmanir rahim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh semoga Allah SWT berikan perlindunganpada kt semua Aamiin Ya Rabbal Alamiin ????1 RT terkena covid di Ciracas Jakarta timur di isolasi
Di wisma atlet.. semoga cepat sembuh kembali semua nya Aamiin ????”

Status Facebook keliru mengenai warga satu RT di Ciracas, Jakarta Timur, diberangkatkan ke Wisma Atlet.Facebook Status Facebook keliru mengenai warga satu RT di Ciracas, Jakarta Timur, diberangkatkan ke Wisma Atlet.

Informasi satu RT di Ciracas dibawa ke Wisma Atlet juga diedarkan akun ini, ini, ini, dan ini.

Penjelasan

Narasi yang beredar di media sosial bahwa warga dari satu RT di Ciracas diberangkatkan ke Wisma Atlet keliru. Faktanya, puluhan warga tersebut berasal dari satu kecamatan, bukan satu RT.

Soal keberangkatan puluhan warga ke Wisma Atlet ditegaskan Kepala Puskeasmas Ciracas Sunersih.

“Itu benar, tetapi itu keberangkatan untuk hari Senin (7/12/2020). Rencananya 72 pasien, tetapi yang jadi dirujuk 69 pasien. Itu satu kecamatan, biasa itu,” kata Sunersih kepada , Jumat (11/12/2020).

Menurutnya, memang ada klaster keluarga. Maka itu, di video tampak beberapa ibu membawa anak.

Terbaru, pada Kamis (10/12/2020) Puskesmas Ciracas memberangkatkan 43 pasien Covid-19 ke beberapa tempat atau rumah sakit rujukan di DKI Jakarta.

“Sebanyak 20 pasien dibawa ke RS Wisma Atlet, sisanya tersebar di sejumlah tempat seperti Hotel Ibis Senen hingga Graha TMII,” ujar Sunersih.

Sunersih juga tidak lupa mengingatan masyarakat untuk tetap waspada.

“Kalau kita cermati, data kasus Covid-19 masih tinggi. Karena itu, kami mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, narasi pada video mengenai warga satu RT di Ciracas, Jakarta Timur, diberangkatkan ke Wisma Atlet keliru. Faktanya, bukan warga dari satu RT, melainkan dari satu kecamatan, yakni sebanyak 69 orang.

#KLARIFIKASI #Narasi #Puluhan #Warga #Covid19 #dari #Ciracas #Dievakuasi #Wisma #Atlet #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts