Kasus Infeksi Virus Corona Terdeteksi pada Hewan Liar di AS Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Virus corona untuk yang pertama kalinya dilaporkan menginfeksi pada hewan di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Utah. 

Read More

Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 itu disebutkan terdeteksi pada seekor cerpelai atau musang yang positif terjangkit Covid-19.

Dikutip dari Reuters, Selasa (15/12/2020), temuan itu dikonfirmasi Senin (14/12/2020) oleh Departemen Pertanian AS (USDA).

Mereka menyebut dalam sebuah pemberitahuan, cerpelai merupakan hewan liar yang ditemukan di sekitar peternakan yang terinfeksi di Utah, saat petugas melakukan pengawasan.

Hewan lain diperiksa

Beberapa hewan liar dari spesies lain yang berada di sekitar lokasi peternakan juga turut dijadikan sampel pemeriksaan. Namun semuanya menunjukkan hasil yang negatif dari Covid-19.

Temuan ini meningkatkan kecurigaan terhadap adanya penularan virus di hewan cerpelai, mengingat sejak Agustus lalu, belasan ribu cerpelai yang diternakkan di negara itu mati.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh ahli kedokteran hewan University of Surrey, Inggris,  Dr. Dan Horton.

“Strain virus yang terdeteksi di cerpelai liar identik dengan jenis yang ditemukan di cerpelai yang ada di peternakan yang terinfeksi. Dan sejauh ini tidak ada hewan lain yang dinyatakan positif meskipun ada upaya pengawasan di sekitar peternakan yang terinfeksi di beberapa wilayah AS,” kata Horton, dikutip dari BBC, Selasa (15/12/2020).

USDA mengaku telah memberi tahu Badan Kesehatan Dunia (WHO) khusus yang menangani kesehatan hewan terkait dengan temuan ini.

WHO pun mempelajari lebih lanjut risiko potensial kemungkinan binatang menularkan virus pada manusia.

Bulan lalu Denmark memulai rencana untuk menghilangkan peternakan cerpelai di negara tersebut yang di dalamnya terdapat 17.000 ekor cerpelai.

Covid-19 di AS

Kasus Covid-19 di Amerika Serikat terkonfirmasi sebanyak 16.942.980 kasus. Sebanyak 308.091 orang meninggal dunia dan 9.871.915 dilaporkan bisa pulih. 

Namun masih ada kasus aktif sebanyak 6.762.974 orang atau yang masih menjalani perawatan atau isolasi. 

#Kasus #Infeksi #Virus #Corona #Terdeteksi #pada #Hewan #Liar #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts