Meski Kesal Dikritik, Bielsa Tidak Akan Ubah Gaya Permainan Timnya Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Marcelo Bielsa menganggap kritik media massa Inggris atas gaya permainan agresif yang ia terapkan sebagai pelatih Leeds United, merupakan sebuah upaya untuk mengganggu stabilitas ruang ganti timnya.

Read More

Hal tersebut mengacu pada kekalahan telak 2-6 dari Manchester United dalam laga kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, yang berlangsung akhir pekan lalu.

Pelatih asal Argentina itu menepis anggapan dirinya lebih mementingkan gaya permainan tim di atas lapangan, ketimbang hasil akhir pertandingan.

“Opini itu merupakan salah satu cara mengolok-olok saya, sebaliknya saya tidak terlalu peduli dengan yang dikatakan oleh media,” ujar Bielsa seperti dikutip dari BBC.

“Mereka berupaya memperkeruh situasi dengan melemparkan wacana kepada para pemain bahwa sistem permainan kami harus diganti, tentu hal ini terjadi saat kami mengalami kekalahan tanpa memandang bagaimana penampilan mereka dalam laga sebelumnya,” katanya.

Pilihan taktik Bielsa yang menjadikan Leeds bermain dengan tempo tinggi, serta kerap menghasilkan laga dengan jumlah gol cukup banyak memang menjadi perhatian tersendiri di Liga Inggris.

Empat hari sebelum ditaklukkan Man United, anak asuh Bielsa sejatinya meraih kemenangan dengan skor akhir 5-2 atas Newcastle United yang berlangsung di kandang sendiri, Stadion Elland Road.

“Cara terbaik untuk meraih kemenangan adalah dengan bermain baik, sehingga tidak ada seorang pun sejatinya menganggap gaya permainan tim lebih penting dibandingkan hasil akhir,” ucap Bielsa menambahkan.

“Pandangan tersebut membuat saya khawatir karena dapat memberi pengaruh secara luas dan mengurangi pemahaman publik mengenai cara kami bermain,” katanya lagi.

Bielsa telah menjabat sebagai juru latih Leeds United sejak Juni 2018, serta berhasil membawa mereka promosi dari kasta kedua Liga Inggris, Championship, menuju Premier League untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir.

Leeds kini berada di posisi ke-14 klasemen sementara Premier League dengan mengumpulkan 17 poin dari 14 pertandingan.

Selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Burnley pada akhir pekan ini. Laga akan berlangsung Minggu (27/12/2020) malam WIB.

#Meski #Kesal #Dikritik #Bielsa #Tidak #Akan #Ubah #Gaya #Permainan #Timnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts