Hilirisasi Tarik Investor Asing di Indonesia

  • Whatsapp
hilirisasi tarik investor asing
hilirisasi tarik investor asing

Puluhan tahun lamanya, Indonesia berperan sebagai pengekspor bahan-bahan mentah ke mancanegara, termasuk negara-negara besar dunia. Namun, jika kita terus menjual bahan mentah, di masa mendatang perekonomian Indonesia hanya berjalan di tempat. Lantas, bagaimana cara menangani situasi ini? Belum lagi, pemerintah sedang konsentrasi pada industri hilirisasi yang dapat tarik investor asing untuk membantu meningkatkan ekonomi negeri. 

Pada 1 Januari 2020 lalu, Pemerintah Indonesia menerbitkan larangan ekspor bahan mentah. Indonesia dituntut dapat menghasilkan nilai tambah dari bahan mentah sehingga pendapatan negara meningkat dan komoditas dalam negeri lebih dikenal dunia.

Read More

Pengawasan larangan ekspor dan hilirisasi merupakan fokus utama negara ini. Pemerintah menarik investor lokal maupun asing sebanyak mungkin agar mereka mau berinvestasi di Indonesia. Industri hilirisasi dapat tarik investor asing, Tiongkok misalnya. Melihat kekayaan nikel di Indonesia, investor Tiongkok tancap gas untuk berinvestasi dan membangun pabrik smelter di Morowali. Pabrik tersebut berteknologi tinggi, menjadikan para pekerja Indonesia memperoleh keahlian teknologi tersebut dari tenaga kerja Tiongkok. Hal inilah yang dimaksud dari transfer of technology, skill, & knowledge. Pengalihan teknologi, keahlian, dan pengetahuan baru bagi Indonesia.

Seperti contoh kejadian puluhan tahun lalu di PT Freeport Indonesia. Seperti yang diketahui bersama, Freeport hanya mengekspor bahan mentah, tanpa ada nilai tambah pada bahan ekspor tersebut. Pemerintah Indonesia berkomitmen setiap komoditas ekspor wajib bernilai tambah. Negara-negara maju yang biasanya hanya mengambil bahan mentah, kini merasa terancam dengan beleid pemerintah Indonesia serta keberanian para investor Tiongkok dalam melakukan percepatan hilirisasi di Tanah Air. Saat ini, industri hilirisasi dapat tarik investor asing dan menjadi tawaran yang menggiurkan. 

Yang lalu biarlah berlalu, saat ini menjadi momentum untuk memperbaiki dan menatap masa depan Indonesia yang lebih maju. Presiden RI Joko Widodo belum lama ini berhasil menggandeng Tesla, Inc. perusahaan otomotif dan penyimpanan energi dari Amerika Serikat, untuk menanamkan modalnya di industri kendaraan listrik Indonesia pada Januari 2021 mendatang. 

Maraknya kehadiran investor asing yang masuk ke Indonesia harus disambut baik oleh publik. Kehadiran pabrik smelter di Morowali menjadi salah satu harapan baru terwujudnya pemerataan pembangunan di luar Jawa. Harapannya, terjadi peningkatan ekonomi dan memperlebar peluang pencari kerja.

Related posts