Tips Mengembangkan Karier pada 2021 Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Meski pandemi virus corona (Covid-19) bisa belum berakhir pada 2021, namun hal itu jangan menyurutkan semangat untuk tetap mengembangkan karier.

Rata-rata pekerja dianjurkan untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) dan diberikan tambahan waktu ekstra bekerja hingga 24 jam per minggu.

Ada beberapa keuntungan bekerja dari rumah yaitu tidak ada perjalanan, busa mengenakan pakaian yang kasual, dan jadwal yang fleksibel.

Tetapi ada juga beberapa kelemahan bekerja dari rumah. Mulai dari gangguan berlimpah hingga bisa membuat kesepian.

Dikutip dari CNN, ada beberapa tips yang mungkin bisa membuat karier Anda moncer pada 2021. Berikut tipsnya::

1. Dorong diri untuk bekerja profesional

Jika saat ini Anda memilih karir dalam pola bertahan namun ingin meningkatkannya, langkah-langkah berikut dapat membantu memulainya:

a. Mintalah masukan rutin

Mintalah umpan balik (feedback) dari manajer Anda untuk mengidentifikasi apa yang perlu dikembangkan agar bisa membenahi pekerjaan Anda.

b. Perluas jaringan

Anda masih dapat memperluas jaringan tanpa harus bertemu orang secara langsung. Cari acara jaringan virtual, bisa memanfaatkan koneksi LinkedIn, dan acara jaringan lokal dan profesional lainnya untuk menjalin hubungan baru.

2. Pererat hubungan dengan bos

Disarankan untuk bisa berkomunikasi terus dengan atasan atau pimpinan, demi untuk mendorong karir Anda. Karena bekerja dari jarak jauh bisa semakin membebani hubungan pekerja dan pimpinan Anda. Caranya:

a. Pahami gaya kerja pimpinan Anda

Beberapa pimpinan terkadang menyukai banyak komunikasi, sementara yang lain lebih memilih pendekatan lepas tangan. Para ahli merekomendasikan untuk mencari tahu bagaimana manajer Anda lebih suka bekerja dan beradaptasi.

b. Tentukan ekspetasi

Jika Anda tidak tahu apa yang diinginkan atasan Anda, akan sulit untuk memenuhi ekspektasi. Di awal proyek, pastikan Anda memiliki tujuan dan tenggat waktu yang jelas.

Memang di masa pandemi, pekerjaan yang dibebankan semakin berat namun tidak ada salahnya Anda mencoba meminta kenaikan gaji.

Jika telah meluangkan waktu ekstra, meningkatkan hasil dan berhasil menjadi pemimpin tim, jangan biarkan pandemi menghentikan untuk meminta apa yang pantas Anda dapatkan, seperti kenaikan gaji.

Akan tetapi, mesti ketahui dulu situasi keuangan perusahaan tempat Anda bekerja sebelum mengajukan permintaan. Jika terjadi banyak PHK dan tekanan keuangan, maka mungkin pertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji.

#Tips #Mengembangkan #Karier #pada #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts