Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Digelar Pertengahan Januari 2021 Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah terus menyiapkan program vaksinasi Covid-19. Program tersebut akan mulai dilaksanakan dalam waktu dekat.

Read More

“Vaksinasi juga akan segera dilakukan di pertengahan Januari 2021 ini untuk mencapai herd immunity, kekebalan komunal,” kata Jokowi dalam sambutan yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (31/12/2020).

Menurut Jokowi, vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Meski sadar tidak mudah, Jokowi ingin di tahun 2021 Indonesia bangkit untuk pulih dari situasi pandemi.

“Ada satu syarat terpenting yang harus kita kerjakan. Untuk mencapai pemulihan ini kita harus berhasil mengatasi pandemi Covid. Kita harus mampu menghentikan wabah ini dengan segera,” ujar dia. 

Jokowi pun menyebut 2020 sebagai tahun ujian yang sangat berat. Sebab, banyak orang yang kehilangan pekerjaan, nafkah, bahkan kehilangan nyawa akibat pandemi virus corona.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan dan perekonomian dunia di 215 negara.

Total kasus positif Covid-19 dunia sudah mencapai 82 juta orang. Sementara itu, 1,8 juta orang dinyatakan meninggal akibat infeksi virus ini.

Meski ikut terdampak, kata Jokowi, Indonesia mampu menghadapi pandemi ini. Ia pun mengajak masyarakat untuk banyak bersyukur atas apa yang telah dicapai negeri.

“Dengan ketegaran kita tetap bisa tegak menjalankan roda kehidupan, kita mampu beradaptasi dengan cara-cara baru agar wabah ini bisa kita batasi dan permasalahan perekonomian bisa kita selesaikan satu demi satu,” kata dia.

Pemerintah telah meneken kerja sama dengan sejumlah negara di dunia dalam rangka pengadaan vaksin Covid-19.

Salah satu vaksin yang sudah tiba di Indonesia yakni Sinovac yang didatangkan dari Cina. Pada 6 Desember lalu, telah tiba 1,2 juta dosis vaksin Sinovac di Tanah Air.

Kemudian, pada Kamis (31/12/2020) tadi Sinovac kembali didatangkan. Kali ini, dalam jumlah yang lebih besar yakni 1,8 juta dosis.

“Dengan ketibaan ini, maka telah terdapat 3 juta vaksin jadi Sinovac yang ada di Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

#Jokowi #Vaksinasi #Covid19 #Digelar #Pertengahan #Januari #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts